Selasa, 04 Juli 2023

Pengertian Diferensiasi


Diferensiasi adalah cara merancang perbedaan yang berarti untuk membedakan
penawaran perusahaan dari penawaran pesaingnya (Kotler dan Susanto, 2001).
Strategi diferensiasi adalah suatu strategi yang dapat memelihara loyalitas
pelanggan dimana dengan menggunakan strategi diferensiasi, pelanggan
mendapat nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Aaker dalam
Ferdinand (2003) menyatakan bahwa strategi diferensiasi yang sukses haruslah
strategi yang mampu :
1. Menghasilkan nilai pelanggan
2. Memunculkan persepsi yang bernilai khas
3. Tampil sebagai wujud berbeda yang sulit untuk ditiru. 
Hal ini menyimpulkan bahwa kunci untuk strategi diferensiasi yang sukses
terletak pada upaya mengembangkan “point of differentiation” terutama dari
perspektif pandangan pelanggan daripada perspektif pandangan operasi bisnis.
Perusahaan akan melakukan diferensiasi terhadap para pesaingnya apabila
perusahaan tersebut telah berhasil menampilkan keunikan yang dinilai penting
oleh pelanggan, selain dengan penawaran harga yang rendah dimana telah banyak
dilakukan oleh perusahaan atau pesaing (Delmas, 2000). Padahal diferensiasi
dapat dilakukan dengan penawaran harga tinggi, sehingga perusahaan yang
melakukan diferensiasi harus merancang serangkaian perbedaan yang berarti
untuk membedakan tawaran yang diberikan perusahaan dengan tawaran pesaing

Tidak ada komentar: