Perusahaan adalah suatu organisasi yang mengkombinasikan dan
mengorganisasikan berbagai sumber daya dengan tujuan untuk memproduksi barang
dan atau jasa untuk dijual. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap
perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham. Harga saham yang tinggi
membuat nilai perusahaan juga tinggi. Tujuan utama perusahaan menurut theory of
the firm adalah untuk memaksimumkan kekayaan atau nilai perusahaan (value of the
firm) (Salvatore,2005). Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap
tingkat keberhasilan perusahaan yang terkait erat dengan harga sahamnya (Sujoko
dan Soebiantoro, 2007). Harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga
tinggi, dan meningkatkan kepercayaan pasar tidak hanya terhadap kinerja perusahaan
saat ini namun juga pada prospek perusahaan di masa mendatang. Harga saham yang
digunakan umumnya mengacu pada harga penutupan (closing price), dan merupakan
harga yang terjadi pada saat saham di perdagangkan di pasar (Fakhurudin dan
Handianti, 2010).
Nurlela dan Ishlahudin (2008) menjelaskan bahwa entrepreneur value (EV)
atau dikenal juga dengan firm value (nilai perusahaan) merupakan konsep penting
bagi investor, karena merupakan indikator bagi pasar menilai perusahaan secara
keseluruhan. Wahyudi (2006) menyebutkan bahwa nilai perusahaan merupakan harga
yang bersedia dibayar oleh calon pembeli andai perusahaan itu di jual. Suatu
perusahaan dikatakan mempunyai nilai yang baik jika kinerja perusahaannya juga
baik. Nilai perusahaan dapat tercermin dari harga sahamnya. Jika nilai sahamnya
tinggi bisa dikatakan nilai perusahaanya juga baik. Karena tujuan utama perusahaan
adalah meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran pemilik atau
para pemegang saham (Wahidahwati, 2002)
Jumat, 07 Juli 2023
Nilai perusahaan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar