Selasa, 04 Juli 2023

.Indikator Keunggulan Bersaing


Dari beberapa indikator keunggulan bersaing diatas, penulis
mengacu pada pendapat yang dikemukakan oleh Bharadwaj (2010) bahwa
indikator keunggulan bersaing adalah: 1) Bernilai. 2) Berbeda dengan
yang lain. 3) Tidak mudah digantikan, karena sesuatu barang yang
bernilai, berbeda dari yang lain, dan tidak mudah digantikan merupakan
suatu nilai tambah tersendiri yang akan menjadi suatu keunggulan dari
suatu perusahaan itu sendiri. Menurut pendapat Porter indikator
keunggulan bersaing ada 3 yaitu:
1. Keunggulan Biaya
Kemampuan perusahaan atau sebuah unit bisnis untuk merancang,
membuat, dan memasarkan sebuahu produk sebanding dengan cara
yang lebih efisien daripada pesaingnya.
2. Diferensiasi
Perusahaan berusaha menjadi unik dalam industrinya pada berbagai
dimensi yang secara umum dihargai oleh pembeli.
3. Fokus
Fokus berbeda dengan strategi lain karena menenkankan pilihan akan
cakupan bersaing yang sempit dalam suatu industry. Dengan
mengoptomalkan strategi untuk segmen pasar, penganut strategi
fokus berusaha untuk mencapai keunggulan bersaing di dalam

Tidak ada komentar: