Menurut Kotler dan Armstrong (2004) dalam jurnal Andri Setiawan
Tjiang dan Dhyah Harjanti (2013) ada tiga indikator inovasi produk yaitu
kualitas produk, varian produk, serta gaya dan desain produk.
1. Kualitas Produk
Kemampuan suatu produk dalam melakukan fungsi-fungsinya, yang
meliputi daya tahan, kehandalan, dan ketelitian yang dihasilkan.
2. Varian Produk
Sarana kompetitif untuk membedakan produk satu dengan yang lain, atau
antara produk yang dimiliki dengan produk pesaing.
3. Gaya dan Desain Produk
Cara lain dalam menambah nilai bagi pelanggan. Gaya hanya menjelaskan
penampilan produk tertentu, sedangkan desain memiliki konsep yang lebih
dari gaya.
Menurut Nancy J. Rabolt & Michael R. Solomone (2009) dalam jurnal
Dina Uliana (2012), terdapat lima aspek yang menjadi pertimbangan bagi
seseorang calon adopter dalam mengadopsi sebuah inovasi yang disebut dengan
innovation attributes yaitu:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar