Jumat, 07 Juli 2023

Faktor Pembentuk Citra Merek


Menurut Schiffman dan Kanuk (2007) “Citra merek adalah
sekumpulan asosiasi mengenai suatu merek yang tersimpan dalam benak
atau ingatan konsumen”. Ada beberapa faktor-Faktor yang mempengaruhi
citra merek Schiffman dan Kanuk (2007) menyebutkan faktor-faktor
pembentuk citra merek yaitu:
1) Kualitas atau mutu, berkaitan dengan kualitas produk barang yang
ditawarkan oleh produsen dengan merek tertentu.
2) Dipercaya atau diandalkan. berkaitan dengan pendapat atau kesepakatan
yang dibentuk oleh masyarakat tentang suatu produk yang dikonsumsi.
3) Kegunaan atau manfaat yang terkait dengan fungsi dari suatu produk
barang yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen.
4) Harga, yang dalam hal ini berkaitan dengan tinggi rendahnya atau
banyak sedikitnya jumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk
mempengaruhi suatu produk, juga dapat mempengaruhi citra jangka
panjang.
5) Citra yang dimiliki oleh merek itu sendiri, yaitu berupa pandangan,
kesepakatan dan informasi yang berkaitan dengan suatu merek dari produk
tertentu

Tidak ada komentar: