Earningsmanagementsebagai suatu fenomena yang dipengaruhi olehberbagai macam alasan yang menjadi pendorong timbulnya fenomena tersebut.Terdapat beberapa alasan yang mempengaruhi manajemenlaba(earningsmanagement).Menurut Sulistyanto (2011:302)alasan perusahaanmelakukan manajemenlaba adalah:
a.Bonus Scheme(Alasan Bonus)Manajemen akan memilih metodeakuntansi yangmemaksimalkanutilitasnya yaitu bonus yang tinggi. Manajer perusahan yang memberikanbonus besar berdasarkanearningslebih banyak menggunakan metodeakuntansi yang meningkatkan laba yang dilaporkan.b.Debt Covenant(Kontrak Hutang Jangka Panjang)Semakin dekat suatu perusahaan ke pelanggan hutang, manajemenakan cenderung memilih prosedur akuntansi yang dapat ‘memindahkan’laba periode mendatang ke periode berjalan, yang bertujuan untukmengurangi kemungkinan perusahaan mengalamitehnical defauld(kegagalan dalam pelunasan hutang). Hal ini untuk menjaga reputasimereka dalam pandangan pihak eksternal.c.Political Motivations(Motivasi Politik)Perusahaan besar yang menguasai hajat hidup orang banyak akancenderung menurunkan labanya untuk mengurangi visibilitasnya, misalnyadengan menggunakan praktik atau prosedur akuntansi, khususnya selamaperiode kemakmuran tinggi. Tindakan akan motivasi ini dilakukan untukmemperoleh kemudahan dan fasilitas dari pemerintahmisalnya subsidi.d.TaxationMotivations(Motivasi Pajak)Motivasi penghematan pajak menjadi motivasi manajemen labayang paling nyata. Berbagai metode akuntansi digunakan untuk tujuanpenghematan pajak pendapatan yang harus dibayarkan perusahaan. Hal ini
karena laba sering dijadikan landasan untuk mengambil keputusan,menyusun kontrak maupun penilaian kinerja suatu manajer.e.Changes of Chief Officer(Pergantian CEO)Banyak motivasi yang timbul waktu penggantian CEO. Contohnya,CEO yang mendekati masa pensiun (tugas akhirnya)akan melakukanstrategi memaksimalkan laba untuk meningkatkan bonusnya.Demikianpula dengan CEO yang kinerja nya kurang baik, ia akan cenderungmemaksimalkan laba untuk mencegah atau membatalkan pemecatannya.f.Initial Public Offering(Penawaran Saham Perdana)Perusahaan yang baru pertama kali menawarkan sahamnya dipasarmodal belum memiliki harga pasar, sehingga terdapat masalah bagaimanamenetapkan nilai saham yang ditawarkan. Oleh karena itu, manajerperusahaan yang akango publicmelakukan manajemen laba dalamprospectusmereka dengan harapan dapat menaikkan harapan dapatmenaikkan harga saham perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar