Jumat, 24 Maret 2023

Dimensi E-Service Quality


Menurut Zeithmal dalam buku Tjiptono (2016:178-179) mengemukakan ada
7 dimensi E-Service Quality antara lain:
1. Efisiensi
Kemampuan pelanggan untuk mengakses website, mencari produk yang
diinginkan dan informasi yang berkaitan dengan produk tersebut, dan
meninggalkan situs bersangkutan dengan upaya minimal.
2. Reliabilitas
Berkenaan dengan fungsional teknis situs bersangkutan, khususnya se jauh
mana situs tersebut tersedia dan berfungsi sebagaimana mestinya.
3. Fulfillment
Mencakup akurasi janji layanan, ketersediaan stok produk, dan pengiriman
produk sesuai dengan waktu yang dijanjikan. 
4. Privasi
Berupa jaminan bahwa data perilaku berbelanja tidak akan diberikan kepada
pihak lain manapun dan bahwa informasi kartu kredit pelanggan terjamin
keamanannya
5. Daya Tanggap (Responsiveness)
Kemampuan pengelola untuk memberikan informasi yang tepat kepada
pelanggan sewaktu timbul masalah, memiliki mekanisme untuk menangani
pengembalian produk, dan menyediakan garansi online.
6. Kompensasi
Meliputi pengembalian uang,biaya pengiriman, dan biaya penanganan produk.
7. Kontak
Mencerminkan kebutuhan pelanggan untuk bisa berbicara dengan staf layanan
pelanggan secara online atau meliputi telepon (dan bukan berkomunikasi
dengan mesin).

Tidak ada komentar: