Istilah manajemen berasal dari Bahasa Inggris ( Management) yang
berasal dari kata “to Manage” yang artinya mengurus atau tata laksana.
Sehingga manajmen dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan
mmimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang
dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Agar
diperloleh pengertiaan manajemen yang lebih jelas, berikut dikemukakan
pengertian menurut beberapa para ahli antara lain :
Terry dan Rue dalam Onsimus Amtu (2011:2) mengemukakan “Suatu
proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingn atau pengrahan suatu
kelompok kearahan suatu orgnisasional atau maksud-maksud yang nyata”.
Sedangkan Ismail Solihin (2010:4) menyatakan “Proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian dari berbagai sumber daya
organisasi untuk mencapai ujuan secara efektif dan efisien”. Oey Liang Lee
(2010:16) berpendat bahwa seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian
penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari sumber daya mansia untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Lain halnya dengan Gary Deasler yang
dterjemahkan oleh Edy Sutrisno (2011:6) yang artinya, Suatu kebijakan dan
praktik menentukan “manusia” atau sumber daya manusia dalam posisi
manajemen termasuk merekrut, melatih, memberikan penghargaan dan penilaian
Minggu, 15 Januari 2023
Pengertian Manajemen (skripsi, tesis, dan disertasi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar