Selasa, 20 Desember 2022

Promosi Penjualan (skripsi, tesis, dan disertasi)

Promosi penjualan didefinisikan sebagai kegiatan promosi penjualan selaianpersonal selling,periklanan dan publisitas,yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dan pedagang dengan menggunakan alat-alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya (Swastha,2003:279).Perusahaan biasanya memanfaatkan promosi penjualan agar dapat merangsang respon lebih cepat dan kuat dari konsumen. Umumnya, dampak jangka pendek lebih diutamakan seperti mendramatisir tawaran perusahaan agar penjualan yang sedang lesu dapat terdongkrak kembali (Sulaksana, 2003:26). Dalam saluran komunikasi ini pemasar biasanya memberikan stimulus untuk menarik konsumen seperti misalnya diskon atau kupon.Sarana komunikasi pemasaran melalui promosi penjualan menawarkan tiga manfaat berbeda, yaitu :a.Komunikasi: promosi penjualan meraih perhatian dan dapat mengarahkan konsumen kepada produk.
 b.Insentif: promosi penjualan mencakup beberapa konsensi, pendorong, atau konstribusi yang memberikan nilai bagi konsumen.c.Undangan: promosi penjualan mencakup undangan berbeda untuk melibatkan diri dalam transaksi sekarang.(Kotlerdan Lane, 2009:191)

Tidak ada komentar: