Menurut para ahli didalam Inovasi memiliki beberapa perbedaan pendapat. Menurut asumsi dari masing-masing para ahli, yaitu : 1.Johne (1999) dlam Ojalo (2008) membedakan tiga jenis inovasi, inovasi produk, proses inovasi, dan inovasi pasar .
a.Inovasi produk memiliki makna paling jelas yaitu menghasilkan pendapatan b.Inovasi proses menyediakan sarana untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dan untuk menghemat biaya c.Inovasi pasar memperhatikan peningkatkan target pasar campuran (mixed of target market) dan bagaimana pasar yang terbaik dilayani 2. Inovasi organisasi berkaitan denga desain format organisasi baru dan filosofi manajemen baru 3. Inovasi perilaku berkaitan dengan aktifitas inovasi dari organisasi perusahaan. Sedangkan Meeus dan Edquist inovasi produk dibagi menjadi dua kategori : a.Barang baru : barang baru adalah inovasi produk material di sektor manufaktur b.Layanan baru : jasa merupakan hal yang tidak berwujud, sering dikonsumsi secara bersamaan untuk produksi mereka dan memuaskan kebutuhan non-fisik dari pengguna (Edquist,2001) 4. Meeus dan Edquist juga membagi menjadi dua inovasi proses yaitu inovasi kategori-kategori dan organisasi : a.Inovasi proses teknologi mengubah cara produk yang diproduksi dengan memperkenalkan perubahan teknologi (fisik peralatan, teknik, sistem) b.Inovasi organisasi adalah inovasi dalam stuktur organisasi strategi, dan proses administrasi (Damanpour, 1987) repository.unisba.ac.id
5. inovasi inkrimental (Incremental innovation) memanfaatkan potensi rancangan yang sudah ditetapkan, dan sering memperkuat dominasi kemapuan suatu perusahaan. Inovasi ini meningkatkan kapabilitas fungsional teknologi yang ada dengan cara perbaikan pada skala kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar