Rabu, 21 Desember 2022

Inovasi Produk (skripsi, tesis, dan disertasi)

Definisi mengenai pengertian inovasi produk menurut Myers dan Marquis dalam Kotler (2007:36) menyatakan bahwa inovasi produk adalah gabungan dari berbagai macam proses yang saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang lain. Jadi inovasi bukanlah konsep dari suatu ide baru, penemuan baru atau juga bukan merupakan suatu perkembangan dari suatu pasar yang baru saja, tetapi inovasi merupakan gambaran dari semua proses - proses tersebut. Charles, et al. (2002: 30) menyatakan bahwa inovasi merupakan bagian dari kerangka kerja yang menghubungkan aspek budaya perusahaan dengan kemampuan berinovasi serta meningkatkan kinerja perusahaan melalui keputusan membeli konsumen. Kotabe dalam Tamamudin (2012:289) yang menunjukkan bahwa semakin tinggi inovasi produk yang dilakukan perusahaan maka akan meningkatkan kinerja perusahaan melalui peningkatan keputusan membeli. Dalam persaingan global, perusahaan harus dapat memodifikasi produknya untuk menambah nilai dari produk yang dihasilkannya dan harus dapat memenuhi kebutuhan dan selera yang pas dengan konsumen. Pada saat ini, persaingan di dunia marketing bukan hanya persaingan dalam hal harga, tetapi sudah berkembang menjadi persaingan merek, dimana perusahaan berlomba untuk menancapkan citra merek mereka sedalam mungkin kedalam benak konsumen. Banyak strategi yang dapat dilakukan untuk merangsang konsumen, salah satunya yaitu berinovasi dengan desain produk. Desain telah menjadi titik kulminasi dari proses pemasaran, periklanan, dan menchardising (perdagangan). Strategi ini berkaitan dengan tingkat standarisasi produk. Perusahaan memiliki tiga pilihan strategi, yaitu produk standar, customeze product (produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan tertentu), dan produk standar yang dimodifikasi. Peranan desain sebagai suatu alat pemasaran adalah :a. Memberikan pelayanan sendiri (self service) yaitu menyebutkan cirri-ciri produk, meyakinkan konsumen mengenai perusahaan/mereknya.b. Citra perusahaan dan merek (company and brand image) yaitu mengandung keyakinan jika dirancang secara tepat dan cermat dalam mendapatkan keyakinan konsumen mengenai perusahaan/mereknya.c. Peluang inovasi (innovation opportunity) strategi yang diambil salah satunya yaitu dengan cara mengubah desain dan menciptakan produk baru atau menciptakan variasi lain

Tidak ada komentar: