Rabu, 21 Desember 2022

Dimensi Strategi Inovasi (skripsi, tesis, dan disertasi)

Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani strategia yang diartikan sebagai "the art of the general" atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Karl von Clausewitz (1780-1831) berpendapat bahwa pengertian strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan. Dalam abad modern ini, penggunaan istilah strategi tidak lagi terbatas pada konsep atau seni seorang panglima dalam peperangan, tetapi sudah digunakan secara luas hampir dalam semua bidang ilmu. Suatu strategi inovasi merupakan suatu konsep yang multidimensional yang terdiri dari empat dimensi yaitu : a.Orientasi kepemimpinan perusahaan terhadap inovasi (Maidique dan Patch, 1988; Zahra dan Covin, 1993; Telles dan Golder, 1996; Lucas dan Ferrel, 2000), b.Tipe inovasi yang dilakukan (Betz, 1987; Slack, 2001) c.Sumber – sumber inovasi (Mansfield, 1988; Hogedoorn dan Duystreer, 2002) dan d.Tingkat investasi yang dibutuhkan dalam inovasi (Thomson dan Ewer, 1989; Capon et al., 1992). Konsep multidimensi inovasi diatas akan menghasilkan pengukuran yang lebih baik dari pada hanya pada satu dimensi inovasi saja (hadjimanolis, 2000). Damanpour dalam Hadjimanolis (2000) menyatakan tingkat inovasi perusahaan akan secara akurat di jelaskan dengan inovasi yang komprehensip berbagai dimensi (strategi inovasi ) dibandingkan konsep inovasi tunggal ( single innovation ).

Tidak ada komentar: