Struktur organisasi mempunyai peranan penting dalam perusahaan. Pertumbuhan perusahaan tidak terlepas dari adanya struktur organisasi yang baik dan efektif. Agar visi dan misinya tercapai, setiap organisasi wajib mempunyai strategi dan struktur yang tepat, orang-orang yang kompeten, kepemimpinan yang unggul, dan budaya yang sesuai. Dengan melakukan pemilihan serta penentuan struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi dalam perusahaan maka pencapaian tujuan perusahan akan lebih terarah. Selain itu dengan struktur organisasi yang jelas dan baik maka akan dapat diketahui sampai dimana wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya. Adanya struktur organisasi yang jelas akan memudahkan para anggota organisasi melihat bagaimana organisasi disusun, sehingga masing-masing mengetahui tugasnya secara jelas serta jika terdapat persoalan yang ingin dipecahkan penyelesaiannya lebih mudah didapat (Husein Umar:2005:392). Dari definisi dan pengertian struktur organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa struktur organisasi adalah sebagai mekanisme formal di mana organisasi dikelola. Struktur organisasi menunjukkan kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan-hubungan di antara fungsi-fungsi, bagian-bagian atau posisi-posisi maupun orang-orang yang menunjukan kedudukan tugas dan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda-beda dalam suatu organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar