Pada mulanya dorongan seseorang untuk memilih suatu merek yang
diinginkan, melakukan tindakan pemilihan di antara jenis barang atau jasa dengan
berbagai merek yang ada. Pemberian merek pada suatu produk hendaknya tidak
hanya berupa suatu simbol. Menurut Kotler dan Keller (2012:356) merek
merupakan suatu simbol yang rumit yang menjelaskan enam tingkatan makna,
yaitu :
1. Atribut
Sebuah merek diharapkan mengingatkan suatu atribut atau sifat-sifat tertentu
dari suatu produk
2. Manfaat
Suatu merek lebih dari seperangkat atribut. Atribut harus diterjemahkan
kedalam manfaat fungsional dan emosional
3. Nilai
Merek mencerminkan nilai yang dimiliki oleh produsen sebuah produk
4. Budaya
Merek mempersentasekan budaya tertentu
5. Kepribadian
Suatu merek dapat memproyeksikan pada suatu kepribadian tertentu
6. Pengguna
Merek mengelompokan tipe-tipe konsumen yang akan membeli atau
mengkomsumsi suatu produk
Tingkatan merek dalam hal ini selain dapat menjadi suatu pembeda dengan
produk pesaingnya, merek juga dapat memberikan arti yang lebih dalam. Pada
intinya, tantangan dari pemberian merek adalah usahanya untuk menciptakan
sekumpulan asosiasi yang positif dalam pikiran konsumen.
Sabtu, 12 November 2022
Tingkatan Merek (skripsi, tesis, disertasi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar