Sabtu, 12 November 2022

Karakteristik Merek (skripsi, tesis, disertasi)


Setiap perusahaan tentu menginginkan merek yang dipakai oleh
produknya menjadi merek pilihan konsumen, sehingga dapat memberikan
dukungan yang besar bagi keberhasilan produk tersebut dan produk
dipasarkan.merek harus mempunyai karakteristik seperti yang disebut oleh Kotler
dan Keller (2009:412) :
1. Merek tersebut harus menyatakan sesuatu mengenai manfaat produk.
2. Merek tersebut harus menyatakan kategori barang atau jasa tersebut.
3. Merek tersebut harus menyatakan kualitas yang mudah dibayangkan secara
konkrit.
4. Merek tersebut harus mudah diucapkan,dikenal dan diingat.
5. Merek tersebut harus memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda.
6. Merek tersebut tidak boleh memiliki makna yang buruk di negara dan bahasa
lain.
Sebuah nama merek yang baik harus memiliki semua karakteristik yang
disebutkan diatas, meskipun pada kenyataannya tidak semua karakteristik itu
dapat dipenuhi dalam sebuah merek. Tetapi bagaimana pun perusahaan dalam
menentukan merek pada produknya harus dapat berusaha ke arah itu untuk
memenuhi semua karakteristik tersebut

Tidak ada komentar: