Harga sebuah produk atau jasa merupakan faktor penentu utama permintaan
pasar. Harga merupakan salah satu variabel penting dalam pemasaran, dimana
harga dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk
membeli suatu produk. Menurut Kotler and Armstrong (2018:276), terjadinya
hubungan antara harga yang ditetapkan dengan keputusan pembelian dikarenakan
semakin tinggi harga suatu produk, maka semakin rendah keputusan pembelian
yang dilakukan konsumen. Menurut Tjiptono (2015:49) citra merek adalah
deskripsi asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu. citra merek
(Brand Image) adalah pengamatan dan kepercayaan yang digenggam konsumen,
seperti yang dicerminkan di asosiasi atau di ingatan konsumen.citra merek adalah
merupakan representasi dari keseluruhan persepsi terhadap mereka dan dibentuk
dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu. Pemilihan celebrity
endorser dalam beriklan telah biasa dilakukan oleh perusahaan untuk menarik minat
pasar. Menurut Kotler (2016: 178) pemilihan tokoh dalam menyampaikan pesan
merupakan faktor yang sangat penting, tokoh tersebut harus dikenal luas,
mempunyai pengaruh positif yaitu efek emosi yang positif terhadap audien dan
sesuai dengan produk yang dibintanginya
Variabel Harga, Citra Merek dan Celebrity Endorser yang berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen ini didukung penelitian terdahulu antara lain yang dilakukan
oleh Elwisam (2017) mengungkapkan bahwa kualitas produk, citra merek dan
celebrity endorser secara simultan memiliki pengarus terhadap keputusan
pembelian. Dan menurut dwi dkk (2016) bahwa celebrity endorser, brand image
dan kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar