Selasa, 15 Februari 2022

Perilaku Konsumen (skripsi tesis)


Perilaku Konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh
individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses
pengambilan keputusan dalam mendaparkan, menggunakan barang-barang atau
jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan (Mangkunegara, 2002: 4), jadi
dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen merupakan studi tentang bagaimana
pembuat keputusan (decisions units), baik individu, kelompok ataupun organisasi,
Universitas Sumatera Utara
membuat keputusan-keputusan beli atau melakukan transaksi pembelian suatu
produk dan mengkonsumsinya.
Perilaku konsumen adalah suatu proses yang terdiri dari beberapa tahap:
a. Tahap perolehan (acquisition): mencari (searching) dan membeli
(purchasing).
b. Tahap konsumsi (consumption): menggunakan (using) dan mengevaluasi
(evaluating).
c. Tahap tindakan pasca beli (disposition): hal yang dilakukan oleh konsumen
setelah produk itu digunakan atau dikonsumsi.

Pemahaman tentang konsumen dan proses konsumsi akan menghasilkan

sejumlah manfaat di antaranya adalah kemampuan untuk membantu para manajer

mengambil keputusan, memberikan para peneliti pemasaran mengetahui dasar

ketika menganalisis konsumen, membantu legislatif negara serta pembuat

peraturan menciptakan hukum dan peraturan yang berhubungan dengan

pembelian dan penjualan barang atau jasa dan membantu konsumen dalam

pengambilan keputusan yang lebih baik. Singkatnya perilaku konsumen dipelajari

agar lebih memahami tentang apa yang dibeli oleh konsumen, mengapa, dimana,

kapan dan seberapa sering dia membeli. Pengetahuan ini kemudian dipakai untuk

Konsumen

Pendapatkan

Produk

Mencari:

- informasi

- alternatif

- keputusan

membeli

Konsumsi

Menggunakan

Mengevaluasi

Pasca Beli

Perilaku

Pasca beli

Universitas Sumatera Utara

menciptakan cara untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan mereka dan

menciptakan pendekatan yang baik untuk berkomunikasi dan mempengaruhi

mereka. Jadi, itu semua adalah kajian-kajian yang sangat mendasar dalam seluruh

kegiatan pemasaran.

Pemahaman tentang konsumen dapat ditemukan pada defenisi pemasaran

(marketing), yaitu kegiatan manusia ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan

keinginan melalui proses pertukaran. Dari defenisi ini muncul dua kegiatan

pemasaran yang utama. Pertama, para pemasar berusaha untuk memuaskan

kebutuhan dan keinginan pasar sasaran mereka. Kedua, pemasaran meliputi studi

tentang proses pertukaran dimana terdapat dua pihak yang mentranfer sumber

daya diantara keduanya.

Perusahaan menerima sumber moneter dan sumber daya lainnya dari para

konsumen dalam proses pemasaran, yang sebaliknya, menerima produk, jasa dan

sumber-sumber nilai lainnya. Para pemasar menciptakan pertukaran yang berhasil,

dan harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan dan keinginan

konsumen. Untuk memahami dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat

kita harus memahami apa yang komsumen pikirkan (kognisi) dan konsumen

rasakan (pengaruh), apa yang konsumen lakukan (perilaku) dan apa serta dimana

(kejadian sekitar) yang mempengaruhi serta dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan,

dirasa dan dilakukan konsumen.

Tidak ada komentar: