(Institute, 2007) Key performance indicator (KPI) adalah satu set ukuran
kuantitatif yang digunakan perusahaan atau industri untuk mengukur atau
membandingkan kinerja dalam memenuhi tujuan strategis dan operasional mereka.
Menurut ITGI COBIT 4.1 KPI, adalah “measures that determine how well the
process is performing in enabling the goal to be reached. They are lead indicators
of whether a goal will likely be reached, and are good indicators of capabilities,
practices and skills. They measure the activity goals, which are the actions the
process owner must take to achieve effective process performance”.
KPI merupakan ukuran yang digunakan untuk menunjukkan kinerja setiap
proses TI. KPI merupakan lead indicator, KPI diukur saat proses berjalan (before
the fact). KPI berorientasi pada pengelolaan dan penggunaan sumber daya TI.
Dalam memudahkan proses pengontrolan KPI yang telah dibuat harus memenuhi
kriteria SMART, yaitu Specific (detail dan fokus), Measurable (terukur),
Achievable (realistis dan dapat dicapai), Relevant (berkaitan dengan tugas pokok
dan pekerjaan keseharian), Time (waktu dalam mencapai target tersebut atau
deadline)
Manfaat dari penerapan KPI yaitu lebih mudah dalam mengukur dan
mengevaluasi kinerja karyawan, serta dapat mengurangi unsur subjektifitas karena
penilaian kinerja karyawan diukur secara lebih objektif. Dapat memberikan sebuah
referensi pada perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar