Kamis, 07 Oktober 2021

Pengertian Lingkungan Kerja (skripsi dan tesis)


Lingkungan kerja dalam suatu perusahaan sangat penting untuk
diperhatikan manajemen. Meskipun lingkungan kerja tidak melaksanakan proses
produksi dalam suatu perusahaan, namun lingkungan kerja mempunyai pengaruh
langsung terhadap para karyawan yang melaksanakan proses produksi tersebut.
Lingkungan kerja adalah suasana dimana karyawan melakukan aktivitas setiap
harinya.
Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan
memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja secara optimal. Jika karyawan
menyenangi lingkungan dimana dia bekerja, maka karyawan tersebut akan betah
di tempat kerjanya, melakukan aktivitasnya sehingga waktu kerja dipergunakan
secara efektif. Sebaliknya lingkungan kerja yang tidak memadai akan dapat
menurunkan kinerja karyawan. Beberapa ahli mendefinisikan lingkungan kerja
antara lain sebagai berikut :
Menurut Nitisemito dalam Nuraini (2013:97), menyatakan bahwa :
“Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada di sekitar karyawan dan
dapat mempengaruhi dalam menjalankan tugas yang diembankan
kepadanya misalnya dengan adanya air conditioner (AC), penerangan
yang memadai dan sebagainya”.
Menurut Schultz dan Schultz (2010:405), menyatakan bahwa :
“Lingkungan atau kondisi kerja adalah semua aspek fisik kerja, psikologis
kerja dan peraturan kerja yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja dan
produktivitas kerja”.
Sedangkan menurut Sedarmayanti (2012:21), menyatakan bahwa :
“Lingkungan kerja adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang
dihadapi lingkungan di sekitarnya dimana seseorang bekerja, metode
kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun
sebagai kelompok”.
Berdasarkan dari beberapa pengertian diatas menunjukkan bahwa
lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar karyawan pada
saat bekerja, baik yang berbentuk fisik maupun non fisik, yang dapat
meningkatkan semangat dan kinerja karyawan.

Tidak ada komentar: