Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan
kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan,
menawarkan dan menukarkan produk maupun jasa yang bernilai satu sama lain.
Pentingnya pemasaran di dunia usaha akan menjadi lebih jelas jika dijabarkan
secara kuantitatif, antara seperempat dan sepertiga tenaga kerja terlihat dalam
kegiatan pemasaran. Termasuk semua pegawai yang melakukan kegiatan eceran,
grosir, transportasi, pergudangan, dan industri – industri komunikasi. Dalamnya
orang – orang yang bekerja di departemen pemasaran perusahaan serta mereka
yang terlibat dalam kegiatan pemasaran dari industri non-pemasaran, jasa,
pertanian dan pertambangan. Semakin lama pekerjaan di bidang pemasaran
meningkat lebih cepat dibandingkan pekerjaan dibagian produksi. Kenaikan
seperti ini merupakan refleksi dari mekarnya peranan pemasaran dalam ekonomi
dan naiknya permintaan akan jasa – jasa pemasaran. (Thamrin dan Francis,
2017:5)
Pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan untuk
memperkenalkan produk atau jasa yang dijual kepada masyarakat, di dalam
proses penjualan terdapat pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan
transaksi menjual dan membeli namun dalam pemasaran modern perlu adanya
pemuasan kebutuhan pelanggan (Pradipta dkk, 2016). Menurut Christoper
Lovelock & Lauren K Wright dalam Adam (2015) pemasaran jasa adalah bagian
dari system jasa keseluruhan dimana perusahaan tersebut memiliki sebuah bentuk
kontak dengan pelanggannya, mulai dari pengiklanan hingga penagihan, hal itu
mencakup kontak yang dilakukan saat penyerahan jasa. Jasa menurut Adam
(2015:133) sesuatu yang diberikan oleh suat pihak kepada pihak lain yang pada
dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan terjadinya perpindahan
kepemilikan. Pemasaran jasa mesti menyesuaikan diri dengan selera konsumen
, dipengaruhi jumlah pendapatan, tidak ada fungsi penyimpanan, dan kualitas
dipengaruhi barang. Yang penting dalam pemasaran jasa tidak lain keandalan,
daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud.
Selasa, 26 Oktober 2021
Pemasaran Jasa (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar