Pada brand personality ada dimensi-dimensi yang memberi
pengaruh dalam pembentukannya. Dimensi inilah yang dijadikan
pedoman dalam pembentukan brand personality. Pernyataan dari Aaker
dalam Naibaho dan Yulianti (2017) kerangka kerja brand personality
dikelompokkan kedalam 5 dimensi utama yaitu Sincerity (ketulusan),
Excitement (ketertarikan), Competence (kompetensi), Shopistication
(keduniawian), Ruggedness (ketahanan). Berikut penjelasan dari kelima
dimensi diatas :
1) Sincerity (ketulusan), yaitu karakter yang jujur, rendah hati, dan
sederhana. Sincerity tertuang dalam kejujuran dalam kualitas,
keaslian produk dankeidentikan merek dengan sifat-sifat yang
sederhana, seperti ceria dan berjiwa muda.
2) Excitement (ketertarikan), yang berarti karakter dinamis yang
penuh semangat danmemiliki imajinasi yang tinggi dalam
melakukan perbedaan dan inovasi.
3) Competence (kompetensi), yaitu kemampuan untuk dapat
diandalkan dan dipercaya oleh pelanggan.
4) Sophistication (keduniawian), yaitu karakteristik yang berkaitan
dengan eksklusif yang dibentuk oleh keunggulan prestise, citra
merek maupun tingkat daya tarik yang mempesona.
5) Ruggedness (ketahanan), yaitu karakteristik merek yang dikaitan
dengan manfaat suatu merek dalam mendukung kegiatan luar
rumah dan kekuatan atau daya tahan produk.
Rabu, 27 Oktober 2021
Dimensi Brand Personality (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar