Sabtu, 04 September 2021
Pengertian Pendidikan Kewirausahaan (skripsi dan tesis)
Pendidikan pada dasarnya adalah sebagai pondasi dan petunjuk bagi
seseorang dalam bertindak atau melakukan sesuatu dan sebagai dasar memiliki
tujuan untuk mengembangkan segala hal yang dimiliki oleh seseorang yang telah
dibawa sejak lahir. Seperti pernyataan Ki Hajar Dewantara dalam buku
pendidikan lingkungan sosial budaya (2015: 19), bahwa “Pendidikan adalah
tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan
yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka
18
sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan
dan kebahagiaan setinggi-tingginya”. Adapula menurut Langgulung dalam buku
pendidikan lingkungan sosial budaya (2015: 19), “Pendidikan adalah proses
pemindahan nilai pada suatu masyarakat kepada setiap individu yang ada di
dalamnya dan proses pemindahan nilai-nilai budaya atau pengajaran”.
Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi
minat berwirausaha pada diri seseorang dan sangat memiliki peranan penting.
Pendidikan kewirausahaan ini dilaksanakan melalui proses pembelajaran berupa
penyampaian teori dan pelaksanaan praktik. Dalam teori tentang pendidikan yang
dikemukakan oleh Buchari Alma dalam Sifa Farida dan Ahmad Nurkhin (2016:
277), menurutnya keberanian membentuk wirausaha didorong oleh lembaga
pendidikan atau sekolah, sekolah yang memberikan mata pelajaran kewirausahaan
yang praktis dan menarik dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk
berwirausaha. Sedangkan menurut Thomas W, Zimmerer dalam buku
kewirausahaan (2010: 1), “Kewirausahaan merupakan hasil dari suatu disiplin
serta proses sistematis penerapan kreativitas dan inovasi dalam memenuhi
kebutuhan dan peluang di pasar”. Menurut Peter F Drucker dalam buku
kewirausahaan (2010: 11), “Kewirausahaan kemampuan menciptakan sesuatu
yang baru dan berbeda”.
Menurut Isrososiawan dalam Anik Kusmintarti, Andi Asdani, dan Nur
Indah Riwajanti (2017: 46), menyatakan bahwa “Pendidikan kewirausahaan
adalah aktivitas-aktivitas pengajaran dan pembelajaran tentang kewirausahaan
yang meliputi pengembangan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan karakter pribadi sesuai dengan umur dan perkembangan siswa”. Adapun menurut
Chimuceka dalam I Kade Aris Friatnawan Dusak dan Ida Bagus Sudiksa (2016:
5190) “Pendidikan kewirausahaan sebagai intervensi tujuan oleh instruktur dalam
kehidupan seorang pelajar, dengan memberikan pengetahuan kewirausahaan dan
keterampilan yang berguna bagi peserta didik untuk bertahan hidup di dunia
bisnis”. Selain itu dalam jurnal Retno Budi Lestari dan Trisnandi Wijaya (2012:
113) mengungkapkan bahwa “Pendidikan kewirausahaan dapat membentuk pola
pikir, sikap, dan perilaku pada mahasiswa menjadi seorang wirausahawan
(entrepreneur) sejati sehingga mengarahkan mereka untuk memilih berwirausaha
sebagai pilihan karir”.
Dari beberapa pengertian tentang pendidikan kewirausahaan diatas, dapat
disimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan adalah segala aktifitas yang
dilakukan secara sadar berupa pembelajaran kewirausahaan baik dalam bentuk
teori maupun praktik yang dilaksanakan oleh peserta didik dengan tujuan untuk
menumbuh kembangkan kemampuan yang dimilikinya serta menambah wawasan
peserta didik tentang kewirausahaan untuk mampu bertahan dalam persaingan di
dunia bisnis dan membentuk pola pikir atau mindset dalam berfikir bahwa
berwirausaha itu ada sebagai pilihan karir.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar