Sabtu, 04 September 2021

Pengertian Pendidikan Kewirausahaan (skripsi dan tesis)

Pendidikan pada dasarnya adalah sebagai pondasi dan petunjuk bagi seseorang dalam bertindak atau melakukan sesuatu dan sebagai dasar memiliki tujuan untuk mengembangkan segala hal yang dimiliki oleh seseorang yang telah dibawa sejak lahir. Seperti pernyataan Ki Hajar Dewantara dalam buku pendidikan lingkungan sosial budaya (2015: 19), bahwa “Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka 18 sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya”. Adapula menurut Langgulung dalam buku pendidikan lingkungan sosial budaya (2015: 19), “Pendidikan adalah proses pemindahan nilai pada suatu masyarakat kepada setiap individu yang ada di dalamnya dan proses pemindahan nilai-nilai budaya atau pengajaran”. Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada diri seseorang dan sangat memiliki peranan penting. Pendidikan kewirausahaan ini dilaksanakan melalui proses pembelajaran berupa penyampaian teori dan pelaksanaan praktik. Dalam teori tentang pendidikan yang dikemukakan oleh Buchari Alma dalam Sifa Farida dan Ahmad Nurkhin (2016: 277), menurutnya keberanian membentuk wirausaha didorong oleh lembaga pendidikan atau sekolah, sekolah yang memberikan mata pelajaran kewirausahaan yang praktis dan menarik dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Sedangkan menurut Thomas W, Zimmerer dalam buku kewirausahaan (2010: 1), “Kewirausahaan merupakan hasil dari suatu disiplin serta proses sistematis penerapan kreativitas dan inovasi dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar”. Menurut Peter F Drucker dalam buku kewirausahaan (2010: 11), “Kewirausahaan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda”. Menurut Isrososiawan dalam Anik Kusmintarti, Andi Asdani, dan Nur Indah Riwajanti (2017: 46), menyatakan bahwa “Pendidikan kewirausahaan adalah aktivitas-aktivitas pengajaran dan pembelajaran tentang kewirausahaan yang meliputi pengembangan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan karakter  pribadi sesuai dengan umur dan perkembangan siswa”. Adapun menurut Chimuceka dalam I Kade Aris Friatnawan Dusak dan Ida Bagus Sudiksa (2016: 5190) “Pendidikan kewirausahaan sebagai intervensi tujuan oleh instruktur dalam kehidupan seorang pelajar, dengan memberikan pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan yang berguna bagi peserta didik untuk bertahan hidup di dunia bisnis”. Selain itu dalam jurnal Retno Budi Lestari dan Trisnandi Wijaya (2012: 113) mengungkapkan bahwa “Pendidikan kewirausahaan dapat membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku pada mahasiswa menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) sejati sehingga mengarahkan mereka untuk memilih berwirausaha sebagai pilihan karir”. Dari beberapa pengertian tentang pendidikan kewirausahaan diatas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan adalah segala aktifitas yang dilakukan secara sadar berupa pembelajaran kewirausahaan baik dalam bentuk teori maupun praktik yang dilaksanakan oleh peserta didik dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan kemampuan yang dimilikinya serta menambah wawasan peserta didik tentang kewirausahaan untuk mampu bertahan dalam persaingan di dunia bisnis dan membentuk pola pikir atau mindset dalam berfikir bahwa berwirausaha itu ada sebagai pilihan karir. 

Tidak ada komentar: