Kamis, 24 Juni 2021

Pengertian Market Return Management (skripsi dan tesis)

Market return management adalah proses supply chain management yang kegiatannya berhubungan dengan retur, reverse logistics, gate keeping, dan avoidance yang dikelola dalam perusahaan dan diantara anggota-anggota pelaku supply chain management. Pelaksanaan yang benar dari proses market return management tidak hanya membantu untuk mengelola reverse logistics menjadi efisien, tetapi dapat membantu mengidentifikasi dan mengurangi hal yang tidak diinginkan perusahaan yang dapat merugikan serta melihat asset yang dapat digunakan kembali untuk memaksimalkan keuntungan. Pengertian lain market return adalah suatu istilah yang diartikan sebagai transaksi terhadap barang-barang yang ditarik dari pasar. Market return ini akan menimbulkan semacam klaim dengan menerbitkan suatu voucher, sehingga disebut MRV (Market Return Vocher). Beberapa macam MRV yaitu : - Siklus hidup produk dikelola - Problem tentang siklus hidup lebih komplek - Negosiasi antara team atau partner lebih mudah - Negosiasi problem rumit karena beberapa factor - Metode marketing yang digunakan dikenal - Pemasaran lebih rumit karena beberapa factor - Visibilitas proses lebih transparan - Visibilitas proses kurang transparan  1. MRV Standart Dipergunakan untuk pengembalian barang baik, misalkan karena pabrik menarik kembali barang yang dianggap ada kesalahan produksi. 2. MRV BS-Overaged Dipergunakan untuk pengembalian/pemusnahan barang yang kadaluarsa maupun yang belum. 3. MRV BS-Dented Dipergunakan untuk mengklaim barang penyok yang akan dijual dengan discount 4. MRV Dented-Ovearaged Dipergunakan untuk pengembalian/pemusnahan barang yang telah rusak. 

Tidak ada komentar: