Kamis, 24 Juni 2021
Pengertian Market Return Management (skripsi dan tesis)
Market return management adalah proses supply chain management
yang kegiatannya berhubungan dengan retur, reverse logistics, gate keeping,
dan avoidance yang dikelola dalam perusahaan dan diantara anggota-anggota
pelaku supply chain management. Pelaksanaan yang benar dari proses market
return management tidak hanya membantu untuk mengelola reverse logistics
menjadi efisien, tetapi dapat membantu mengidentifikasi dan mengurangi hal
yang tidak diinginkan perusahaan yang dapat merugikan serta melihat asset
yang dapat digunakan kembali untuk memaksimalkan keuntungan.
Pengertian lain market return adalah suatu istilah yang diartikan sebagai
transaksi terhadap barang-barang yang ditarik dari pasar. Market return ini akan
menimbulkan semacam klaim dengan menerbitkan suatu voucher, sehingga
disebut MRV (Market Return Vocher).
Beberapa macam MRV yaitu :
- Siklus hidup produk
dikelola
- Problem tentang siklus hidup
lebih komplek
- Negosiasi antara team
atau partner lebih
mudah
- Negosiasi problem rumit karena
beberapa factor
- Metode marketing yang
digunakan dikenal
- Pemasaran lebih rumit karena
beberapa factor
- Visibilitas proses lebih
transparan
- Visibilitas proses kurang
transparan 1. MRV Standart
Dipergunakan untuk pengembalian barang baik, misalkan karena pabrik
menarik kembali barang yang dianggap ada kesalahan produksi.
2. MRV BS-Overaged
Dipergunakan untuk pengembalian/pemusnahan barang yang kadaluarsa
maupun yang belum.
3. MRV BS-Dented
Dipergunakan untuk mengklaim barang penyok yang akan dijual dengan
discount
4. MRV Dented-Ovearaged
Dipergunakan untuk pengembalian/pemusnahan barang yang telah
rusak.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar