Kinerja adalah hasil dari suatu proses yang mengacu dan diukur selama periode
waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan yang telah ditetapkan
sebelumnya (Edison dkk., 2016). Kinerja karyawan merupakan penghargaan hasil
kerja karyawan, tujuan atau standar dibandingkan dengan harapan yang ditentukan
oleh organisasi. Karyawan di ranking terhadap sejauh mana mereka bekerja
dibandingkan dengan kompetensi standar kinerja, biaya, kecepatan, inisiatif mereka
dan kreatifitas dalam menyelesaikan masalah (Degago,2014).
Kinerja karyawan fokus secara langsung terhadap produktivitas dengan menilai
jumlah penerimaan unit kualitas yang diproduksi oleh karyawan dalam lingkungan
manufaktur pada periode khusus. Oleh karena itu kesuksesan bisnis bergantung pada
kinerja karyawan. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kinerja bisnis dan
keuntungan adalah meningkatkan kinerja karyawan, dari tingkat yang paling rendah
hingga ke senior manajer dalam organisasi. Peningkatan kinerja tidak hanya
merupakan hasil dari penggunaan sistem yang baik tetapi juga tergantung pada keefektifan strategi sumber daya manusia yang mensukseskan dalam perekrutan dan
pemeliharaan tenaga kerja yang berkomitmen dan termotivasi (Mohamed dan Ali,
2015).
Berdasarkan beberapa definisi dari kinerja, dapat disimpulkan bahwa kinerja
merupakan hasil kerja dari karyawan yang diukur pada suatu periode tertentu atau
perbandingan antara realisasi pekerjaan dengan standar yang telah ditetapkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar