Sabtu, 09 Mei 2020

Utilitarian Value (skripsi dan tesis)

Sifat pembeli yang menuju pada utilitarian value akan membeli barang sesuai kebutuhan berdasarkan pada alasan yang logis (Holbrook dan Hirschman dalam Anderson et al., 2012). Menurut Blythe (2005:45) utilitarian value adalah pendapat seseorang tentang manfaat sebuah produk. alasan lain diutarakan Subagio (2011) yang menuliskan jika utilitarian value yaitu hasrat pada masing-masing individu untuk memberikan penilaian dalam memperoleh barang ataupun jasa dengan kualitas tinggi, dan menghemat waktu dan tenaga. Menurut Kim (2006) Ada dua dimensi dari utilitarian value, yaitu efisiensi (efficiency) dan prestasi (achievement): 1. Efisiensi, yaitu penghematan waktu yang dilakukan seseorang (time) dan sumber dana (resources). Menurut Kim (2006) indikator yang dapat digunakan dalam mengukur dimensi efisiensi, sebagai berikut: a. Merupakan hal penting untuk mencapai apa yang direncanakan ketika berbelanja. b. Pada kegiatan berbelanja, sangat penting untuk menemukan apa yang dicari konsumen. c. Konsumen merasakan nyaman apabila mengetahui bahwa kegiatan belanjanya berhasil. d. Konsumen suka untuk merasakan kecermatan ketika mereka berbelanja. 10 2. Pencapaian, adalah menemukan sebuah barang yang telah dipikirkan sebelumnya yang dicapai saat berbelanja. Menurut Kim (2006) indikator yang dapat digunakan dalam mengukur dimensi prestasi, sebagai berikut: a. Konsumen akan merasakan kekecawaan ketika harus pergi ke beberapa toko untuk menyelesaikan kegiatan belanjanya. b. Konsumen menganggap bahwa kunjungan ke toko yang tepat apabila mereka dapat dengan cepat menyelesaikan kegiatan belanjanya

Tidak ada komentar: