Menurut Yang & Chau (2016) karyawan dengan LMX berkualitas tinggi, yang ditandai dengan
tingkat tinggi saling percaya, loyalitas, rasa hormat, kewajiban, dukungan, dan berbagi informasi
penting dan berbagai sumber daya dengan supervisor mereka lebih mungkin untuk mencapai hasil
karyawan yang positif.
Menurut Wibowo & Sutanto (2013) Untuk karyawan yang memiliki kualitas hubungan LMX tinggi
maka akan mendapatkan tugas yang yang sesuai dengan yang diinginkan dan lebih menarik, dan juga
menerima lebih banyak penghargaan, imbalan (reward) dukungan dan pengakuan dibanding
karyawan yang memiliki kualitas LMX yang rendah. Pendapat dari Graen & Uhl-Bien (1995) Dengan
kualitas LMX yang tinggi leader dan follower akan saling bertukar dukungan, kontribusi,
kepercayaan, professional, kesetiaan dan loyalitas
Menurut Graen & Uhl-Bien (1995), faktor-faktor dari LMX yaitu Kemampuan pendekatan dan
fleksibilitas atasan terhadap bawahan, Kesediaan untuk menggunakan wewenang untuk membantu bawahan, Kejelasan tentang harapan atasan dan feedback kepada bawahan, Keberanian bawahan
untuk mengubah situasi perannya, Interaksi setelah jam kerja antara atasan dan bawahan sehubungan
dengan kegiatan social dan waktu luang. Indikator LMX menurut Wibowo & Sutanto (2013) yaitu
respect, trust, dan obligation
Tidak ada komentar:
Posting Komentar