Sabtu, 18 April 2020

Teori Leader Member Exchange (skripsi dan tesis)

 Menurut Yang & Chau (2016) karyawan dengan LMX berkualitas tinggi, yang ditandai dengan tingkat tinggi saling percaya, loyalitas, rasa hormat, kewajiban, dukungan, dan berbagi informasi penting dan berbagai sumber daya dengan supervisor mereka lebih mungkin untuk mencapai hasil karyawan yang positif. Menurut Wibowo & Sutanto (2013) Untuk karyawan yang memiliki kualitas hubungan LMX tinggi maka akan mendapatkan tugas yang yang sesuai dengan yang diinginkan dan lebih menarik, dan juga menerima lebih banyak penghargaan, imbalan (reward) dukungan dan pengakuan dibanding karyawan yang memiliki kualitas LMX yang rendah. Pendapat dari Graen & Uhl-Bien (1995) Dengan kualitas LMX yang tinggi leader dan follower akan saling bertukar dukungan, kontribusi, kepercayaan, professional, kesetiaan dan loyalitas Menurut Graen & Uhl-Bien (1995), faktor-faktor dari LMX yaitu Kemampuan pendekatan dan fleksibilitas atasan terhadap bawahan, Kesediaan untuk menggunakan wewenang untuk membantu  bawahan, Kejelasan tentang harapan atasan dan feedback kepada bawahan, Keberanian bawahan untuk mengubah situasi perannya, Interaksi setelah jam kerja antara atasan dan bawahan sehubungan dengan kegiatan social dan waktu luang. Indikator LMX menurut Wibowo & Sutanto (2013) yaitu respect, trust, dan obligation

Tidak ada komentar: