Kepuasan pelanggan menurut Kotler et al. (2014) adalah tingkat perasaan
seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia persepsikan
dibandingkan harapannya. Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan konsumen
sebagai respon terhadap suatu produk barang atau jasa yang telah dikonsumsi. Secara
umum kepuasan dapat diartikan sebagai suatu perbandingan antara layanan atau hasil
yang didapat konsumen dengan keinginan konsumen, layanan atau hasil yang
diterima setidaknya harus sama dengan harapan konsumen, atau bahkan melebihinya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah mutu produk dan
pelayanannya, kegiatan penjualan, pelayanan setelah penjualan dan nilai-nilai
perusahaan. Kepuasan pelanggan merupakan cara konsumen membandingkan antara
hasil dan kualitas dari pemakaian atau layanan. Persepsi dari konsumen merupakan
hal penting dalam menentukan keberhasilan akan penerimaan produk yang dihasilkan
oleh suatu perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar