Menentukan tingkat tingkat kepuasan pelanggan terdapat lima faktor utama
yang harus diperhatikan perusahaan, yakni:
a. Kualitas produk; Konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka
menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas.
b. Kualitas pelayanana; Konsumen akan merasa puas bila mereka mendapatkan
pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan
c. Emosional; Konsumen akan merasa bangga dan mendapat keyakinan bahwa
orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk atau jasa dengan
merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi.
d. Harga; Produk atau jasa yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan
harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada
konsumennya.
e. Biaya; Konsumen yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu
membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk dan jasa cenderung puas
terhadap produk atau jasa itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar