Dalam
perkembangannya, suatu organisasi dapat berjalan dengan baik apabila memiliki
manajemen yang baik juga. Asal kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno
yaitu; menagement, yang berarti “seni
melaksanakan dan mengatur”. Griffin (2006:13) mendefinisikan manajemen sebagai sebuah
proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber
daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Dalam hal ini efektif
dimaksudkan sebagai tujuan yang dapat dicapai sesuai dengan perencanaan
sedangkan efisien dimaksudkan tugas yang ada dilaksanakan dengan benar,
terorganisir, dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Manajemen juga
berkaitan dengan masalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengawasan para anggota organisasi serta penggunaan sumber daya organisasi yang
telah ditetapkan (Handoko, 2003:8). Melalui manajemen seluruh aktifitas
organisasi akan diarahkan pada upaya pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam manajemen, umumnya dikenal tiga tingkatan, antara
lain sebagai berikut; 1). Manajer puncak (Top
Manager), yang termasuk ke dalam manajer puncak adalah direktur atau
direksi, bertugas dalam mengambil keputusan penting, yang mempengaruhi hamper
keseluruhan jalannya organisasi. Manajer puncak harus memiliki kemampuan
konseptual yang lebih besar dibandingkan dengan manajer lainnya, kemampuan
manusiawi yang sama pada semua tingkatan manajemen, dan kemampuan teknis yang
lebih kecil dibandingkan dengan tingkatan manajer lainnya. 2). Manajer Menegah
(Middle Manager), tugasnya adalah
mengembangkan rencana operasi serta membuat kesinambungan antara yang dituntut
oleh atasannya dengan kemampuan bawahannya. Manajer menengah harus memiliki
kemampuan konseptual, kemampuan manusiawi, dan kemampuan teknis yang sama
masing-masing proporsinya. 3). Manajemen Pelaksana (Lower Manager), tugasnya adalah sebagai pelaksana rencana operasi
yang telah dikembangkan oleh pihak manajemen menengah. Manajer pelaksana harus
memiliki kemampuan teknis yang lebih besar dibandingkan dengan tingkatan
manajemen lainnya, kemampuan manusiawi yang sama pada semua tingkatan
manajemen, dan kemampuan konseptual dengan proporsi paling kecil dibandingkan
dengan tingkatan manajer diatasnya (Gaol, 2014:42).
Terdapat
empat fungsi manajemen yang dikemukaan oleh Daft (2010:7), yaitu :
1. Perencanaan
Perencanaan menentukan di mana organisasi ingin berada dimasa
depan dan bagaimana agar dapat sampai kesana. Perencanaan (planning) berarti menentukan tujuan untuk kinerja organisasi di
masa depan serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan
untuk mencapai tujuan tersebut. Kurangnya perencanaan atau perencanaan yang
buruk dapat menghancurkan kinerja organisasi.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian
umumnya dilakukan setelah perencanaan dan mencerminkan bagaimana perusahaan
mencoba untuk mencapai rencananya. Pengorganisasian (organizing) meliputi penentuan dan pengelompokan tugas ke dalam
departemen, penentuan otoritas, serta alokasi sumber daya di antara organisasi.
3. Kepemimpinan
Kepemimpinan
(leading) berarti menggunakan
pengaruh untuk memberikan motivasi kepada karyawan untuk mencapai tujuan
organisasi. Memimpin berarti menciptakan budaya dan nilai bersama,
mengkomunikasikan tujuan kepada karyawan diseluruh organisasi dan memberikan
masukan kepada karyawan agar memiliki kinerja dengan tingkat yang lebih tinggi.
Memimpin juga melibatkan pemberian motivasi kepada seluruh departemen, divisi
dan individu yang bekerja langsung dengan manajer.
4. Pengendalian
Pengendalian
merupakan fungsi keempat dalam proses manajemen. Pengendalian (controlling) berarti mengawasi
aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi dapat memenuhi target
tujuannya dan melakukan koreksi bila diperlukan.
Dari
beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen harus memiliki berbagai aspek,
yaitu adanya organisasi sebagai wadah, adanya tujuan yang akan dicapai dan
adanya sumber daya baik manusia maupun sumber daya bukan manusia sebagai alat
untuk mencapai tujuan. Dalam kaitannya dengan kinerja organisasi, maka tujuannya
adalah mencapai peningkatan kinerja organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar