Menurut Tjiptono & Chandra, (2011) kualitas layanan dapat diartikan
sebagai upaya kebutuhan dan keinginan konsumen juga sebagai ketetapan dalam
mengimbangi harapan konsumen. Adanya faktor yang mempengaruhi kualitas
pelayanan yaitu jasa yang diharapkan dan jasa yang dirasakan atau dipersepsikan.
Apabila jasa yang diharapkan, maka kualitas pelayanan tersebut akan dipersepsikan
baik atau positif. Jika jasa yang dipersepsikan melebihi jasa yang diharapkan, maka
kualitas jasa dipersepsikan sebagai kualitas ideal, demikian juga sebaliknya apabila
jasa yang dipersepsikan lebih jelek dibandingkan dengan jasa yang diharapkan, maka
kualitas jasa dipersepsikan negatif atau buruk (Tjiptono, 2010). Baik tidaknya
kualitas pelayanan tergantung pada kemampuan penyedia jasa dalam memenuhi
harapan pelanggan secara konsisten. Kata Kualitas mengandung banyak arti dan
makna, setiap orang pasti akan berbeda dalam mengartikannya secara berlainan tetapi
dari beberapa arti yang dapat kita jumpai memiliki kesamaan walaupun hanya cara
penyampaiannya saja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar