Senin, 20 April 2020

Kualitas Layanan (skripsi dan tesis)

Menurut Kotler (1996:578) pelayanan yaitu setiap tindakan atau kegiatan yang dapat di tawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak megakibatkan kepemilikan apapun. Menurut Tjiptono (2002), kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen. Dengan kata lain ada dua faktor utama mempengaruhi kualitas jasa, yaitu expected service dan perceived service atau kualitas jasa yang diterapkan dan kualitas jasa yang diterima atau dirasakan. Apabila jasa yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika jasa yang diterima atau dirasakan melampaui harapan konsumen , maka kualitas jasa dipersepsikan sebagai kualitas yang ideal. Sebaliknya jika jasa yang diterima lebih rendah dari pada yang diharapkan maka kualitas jaga dipersepsikan sebagai kualitas yang buruk. Menurut Zuliyanto (2006) Kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan konsumen. Kualitas memberikan dorongan khusus bagi para konsimen untuk menjalin ikatan relasi saling menguntungkan dalam jangka panjang dengan perusahaan. Ikatan emosional semacam ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan dan kebutuhan spesifik konsumen Perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumennya dengan cara memaksimumkan hal yang menyenangkan atau memuaskan dan meminimumkan hal yang kurang menyenangkan atau tidak memuaskan

Tidak ada komentar: