Senin, 20 April 2020
Faktor Penentuan Harga (skripsi dan tesis)
Perusahaan harus mempertimbangkan banyak faktor dalam menentukan
kebijakan harga. Ada 6 langkah prosedur dalam menentukan kebijakan penetapan
harga (Kotler, 2005), yaitu :
1. Memilih tujuan penetapan harga.
Perusahaan memutuskan dimana ingin memposisikan tawaran pasarnya.Makin
jelas tujuan suatu perusahaan, makin mudah menetapkan harga.Perusahaan
dapat mengharapkan salah satu dari lima tujuan utama melalui penetapan
harga: kelangsungan hidup, laba maksimum sekarang, pangsapasar
maksimum, menguasai pasar secara maksimum, atau kepemimpinan mutu
produk.
2. Menentukan permintaan.
Setiap harga akan menghasilkan tingkat permintaan yang berbeda dan karena
itu mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap tujuan pemasaransuatu
perusahaan.
3. Memperkirakan biaya.
Permintaan menentukan batas harga tertinggi yang dapat dikenakan
perusahaan untuk produksinya. Biaya menentukan batas
terendahnya.Perusahaan ingin menetapkan harga yang menutupi biaya
produksi,distribusi, dan penjualan produk, termasuk laba yang lumayan untuk
upaya dan risikonya.
4. Menganalisa biaya, harga, dan tawaran pesaing.
Dalam rentang kemungkinan-kemungkinan harga yang ditentukan permintaan
pasar dan biaya perusahaan, perusahaan harus memeperhitungkan biaya, harga
dan kemungkinan reaksi harga pesaing.Perusahaan seharusnya pertama-tama
mempertimbangkan harga pesaing terdekat.
5. Memilih metode penetapan harga.
Dengan adanya ketiga C, jadwal permintaan konsumen (customer’sdemand
schedule), fungsi biaya (cost function), dan harga pesaing(competitor’s prices)
perusahaan siap memilih harga
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar