Senin, 20 April 2020

Faktor Penentuan Harga (skripsi dan tesis)

Perusahaan harus mempertimbangkan banyak faktor dalam menentukan kebijakan harga. Ada 6 langkah prosedur dalam menentukan kebijakan penetapan harga (Kotler, 2005), yaitu : 1. Memilih tujuan penetapan harga. Perusahaan memutuskan dimana ingin memposisikan tawaran pasarnya.Makin jelas tujuan suatu perusahaan, makin mudah menetapkan harga.Perusahaan dapat mengharapkan salah satu dari lima tujuan utama melalui penetapan harga: kelangsungan hidup, laba maksimum sekarang, pangsapasar maksimum, menguasai pasar secara maksimum, atau kepemimpinan mutu produk. 2. Menentukan permintaan. Setiap harga akan menghasilkan tingkat permintaan yang berbeda dan karena itu mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap tujuan pemasaransuatu perusahaan. 3. Memperkirakan biaya. Permintaan menentukan batas harga tertinggi yang dapat dikenakan perusahaan untuk produksinya. Biaya menentukan batas terendahnya.Perusahaan ingin menetapkan harga yang menutupi biaya produksi,distribusi, dan penjualan produk, termasuk laba yang lumayan untuk upaya dan risikonya. 4. Menganalisa biaya, harga, dan tawaran pesaing. Dalam rentang kemungkinan-kemungkinan harga yang ditentukan permintaan pasar dan biaya perusahaan, perusahaan harus memeperhitungkan biaya, harga dan kemungkinan reaksi harga pesaing.Perusahaan seharusnya pertama-tama mempertimbangkan harga pesaing terdekat. 5. Memilih metode penetapan harga. Dengan adanya ketiga C, jadwal permintaan konsumen (customer’sdemand schedule), fungsi biaya (cost function), dan harga pesaing(competitor’s prices) perusahaan siap memilih harga

Tidak ada komentar: