Menurut Bodie et al., (2005) hipotesis pasar yang efisien adalah ketika
harga saham sudah mencerminkan semua informasi yang tersedia. Fama (1970)
berpendapat Efficient Market Hypothesis (EMH) adalah teori yang menjelaskan
bagaimana harga suatu pasar terbentuk karena adanya informasi baru yang
direspon oleh investor, dan dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:
a. hipotesis pasar efisien bentuk lemah ketika harga saham telah
mencerminkan seluruh informasi yang tersedia di pasar seperti
harga historical, volume perdagangan, dan suku bunga jangka
pendek.
b. hipotesis pasar efisien bentuk setengah kuat ketika semua data publik
yang tersedia dan berhubungan dengan prospek perusahaan sudah
harus tercermin di dalam harga pasar. Data yang dimaksud adalah data
yang dipakai versi weak ditambah dengan data fundamental
perusahaan, kualitas manajemen, prediksi pendapatan, dan informasi
neraca perusahaan.
c. hipotesis pasar efisien bentuk kuat ketika semua informasi apapun
yang berhubungan dengan perusahaan tersebut, baik informasi yang
dipublikasikan, tidak dipublikasikan sudah harus tercemin pada harga
pasar. Pasar seperti inilah ekspektasi investor untuk mendapatkan
keuntungan yang diharapkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar