Senin, 20 April 2020

Dimensi Kualitas Jasa (SERVQUAL) (skripsi dan tesis)

Dalam suatu study mengenai SERVQUAL oleh Parasuraman (1988) (yang melibatkan 800 konsumen terbagi dalam 4 perusahaan) berusia 25 tahun di simpulkan bahwa lima dimensi SERVQUAL sebagai berikut (Parasuraman, dkk 1998), (dalam Lupiyoadi dan Hamdani) 1. Berwujud (tangible), yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan ekstensinya dalam pihak eksternal. Penampian dan kemampuan sarana dan prasana fisik perusahaan yang dapat di andalkan keadaan lingkungan sekitarnya merupakan bukti nyata dari pelayanan yang di berikan oleh pemberi jasa. 2. Keandalan (reliability), yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan konsumen yang berarti ketepatan waktu, pelayanan yang sama untuk semua konsumen tanpa kesalahan, sikap yang simpatik dan dengan akurasi yang tinggi. 3. Ketanggapan (responsiveness) yaitu suatu kebijakan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada konsumen , dengan penyampain informasi yang jelas. 4. Jaminan dan Kepastian (assurance) yaitu pengetahuan, kesopansatunan, dan kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para konsumen kepada perusahaan. Hal ini meliputi beberapa komponen antara lain komunikasi ( communication), credibiltas (credibility), keamanan (security), kompetensi (competensi) dan spansatun (courtesy). 5. Empaty (empaty), yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang di berikan pada para konsumen dengan berupaya memahami keinginan konsumen. Di mana suatu perusahaan di harapkan memiliki pengertian dan pengetahuan tentang konsumen, memahami kebutuhan konsumen secara spesifik, serta memiliki waktu pengoperasian yang nyaman bagikonsumen.

Tidak ada komentar: