Pada umumnya suatu perusahaan dalam merencanakan menawarkan
produknya ke pasar perlu membedakan tingkatan produk. Menurut Kotler (1994,
p432) ada lima tingkatan produk yang perlu diperhatikan, yaitu :
a. Manfaat dasar (Core benefit) Manfaat dasar yaitu manfaat yang diberikan oleh suatu produk yang
dibeli konsumen agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya.
Contoh manfaat dasar dari handphone adalah memberikan kemudahan
dalam berkomunikasi dimana saja dan kapan saja.
b. Manfaat pasar (Generic product)
Pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk pasar.
c. Produk ekspektasi (Expected product)
Pemasar menyiapkan suatu produk yang diharapkan. Produk yang
sudah dilengkapi dengan atribut sehingga kondisi produk dapat
diterima oleh konsumen yang membelinya. Contoh: tamu restoran
yang mengharapkan tempat yang bersih, nyaman, dan peralatan
makan yang bersih.
d. Produk yang ditingkatkan (Augment product)
Pemasar menyipakan suatu produk yang sudah ditingkatkan dan lebih
baik lalu dipasarkan dengan pelayanan dan manfaat tambahan kepada
para konsumen.
e. Produk potensial (Potential product)
Perusahaan berusaha mencari berbagai cara-cara baru untuk
memuaskan konsumen dan membedakan produk yang mereka
hasilkan dengan yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar