Menurut Kotler (2001 : 12) produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan
kepada pasar untuk diperhatikan, digunakan, dibeli atau dikonsumsi yang dapat
memuaskan keinginan atau kebutuhan. Ketika pelanggan membeli sebuah produk
maka akan memiliki harapan bagaimana produk tersebut berfungsi (product
moment). Produk berfungsi sebagai berikut:
1. Produk berfungsi lebih baik dari yang diharapkan. Inilah disebut
sebagai diskonfirmasi positif (Positive disconfirmatiori). Jika ini
terjadi maka konsumen akan merasa puas.
2. Produk berfungsi sebagai apa yang diharapkan. Inilah yang disebut
sebagai konfirmasi sederhana (simple confirmation). Jika hal ini
terjadi maka pelanggan akan merasa puas dan produk tersebut tidak
mengecewakan pelanggan dan pelanggan akan memiliki perasaan
netral.
3. Produk berfungsi lebih buruk dari yang diharapkan. Inilah yang
disebut sebagai konfirmasi negatif (Negative disconfirmatiori).
Produk yang berfungsi buruk, tidak sesuai dengan harapan pelanggan
akan menyebabkan kekecewaan sehingga merasa tidak puas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar