Berbagi Foto
Salah satu sarana (platform) sosial media yang menyodok para pesaingnya
adalah photo sharing (berbagi foto). Media sosial berbagi foto mulai menjadi
primadona seiring makin mudahnya orang menangkap momen-momen dengan
berbagai perangkat fotografinya. Selain mudah dan simple, dengan berbagi
gambar atau foto sebenarnya kita tidak hanya menunjukkan apa yang sedang
kita lihat, kerjakan atau rasakan namun lebih dari itu kita bisa menyampaikan
pesan di dalamnya. Hal ini menjadi salah satu nilai tambah kenapa media sosial
berbagi foto makin diminati. Layanan berbagi foto tidak hanya sebagai
kebutuhan personal, kini juga mulai dilirik tangan-tangan kreatif dunia bisnis.
Para enterprenuer dan korporat sudah bisa menangkap celah positif photo
sharing (berbagi foto) sebagai media promosi dan perluasan bisnisnya. Sosial
media terpopuler yang mengambil alih ialah Instagram. Berbeda dengan
Facebook dan Twitter, situs ini menggunakan foto sebagai media penyampai
pesan dimana ia dibaca sebagai sebuah teks. Foto dilekati tanda yang dapat
berfungsi sebagai petanda dan penanda sekaligus yang terjadi ketika sebuah
narasi didalam foto dari si narrator dimaknai oleh si pembaca narasi
(https://www.maxmanroe.com/melihat-media-sosial-yang-bakal-melesat-di- 2014.html).
Berbagi foto ponsel menjadi bagian dari masa depan public dan merupakan
salah satu tren media sosial paling cepat berkembang dalam beberapa tahun
terakhir. Merek-merek besar mulai memperhatikan, menggunakan tren ini
untuk keuntungan mereka. Informasi yang kutip dari majalah mix edisi Januari
2013, Instagram telah mengumpulkan 15 juta pengguna yang telah meng- upload dalam waktu kurang dari dua tahun. Salah satu contoh yang
memanfaatkan Instagram adalah Presiden AS yang bernama Obama juga ikut
berpartisipasi berbagi foto-foto behind the scenes-nya selama kampanye
pemilihan 2012 lalu di Instagram. Contoh lain yaitu Starbucks bisa dikatakan
sebagai adapter awal Instagram dan saat ini memiliki lebih dari 250.000
follower. Starbucks berusaha menampilkan eksperiential yang didapat
pelanggan bila berada di dalam gerai dari seluruh dunia melalui Instagram.
Berbagi foto adalah hal menarik yang bisa dilakuin dan ditambah kelebihan
yang diberikan ponsel atau gadget yang kita miliki. Berbagi foto sekarang tidak
hanya menjadi miliki individu tapi sudah merasuk ke berbagai perusahaan dan
brand ternama (http://www.dotsemarang.com/berbagi-foto-trend-media-sosial- yang-paling-cepat-berkembang/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar