a. Pengikut / followers
Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti
akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan
demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat
terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari fotofoto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.
b. Unggah Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk
mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto
yang hendak ingin diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice
ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut.
c. Kamera
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di
dalam iDevice tersebut. Setelah foto diambil melalui kamera di dalam
Instagram, foto tersebut pun juga dapat diputar arahnya sesuai dengan
keinginan para pengguna. Foto-foto yang akan diunggah melalui
Instagram tidak terbatas atas jumlah tertentu, melainkan Instagram
memiliki keterbatasan ukuran rasio 3:2 untuk foto.
d. Effect Photo’s
Instagram memiliki efek-efek yang dapat digunakan oleh para
pengguna pada saat mereka hendak menyunting sebuah foto. Efek
tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster,
Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, Valencia, Amaro, Rise,
Hudson, dan Lord Kelvin.
e. Judul Foto / Nama Foto
Foto yang akan di unggah sebelumnya disunting terlebih dahulu,
kemudian dibawa ke halaman selanjutnya. Dimana di dalamnya tidak
hanya ada pilihan untuk mengunggah pada jejaringan sosial atau tidak, tetapi juga untuk memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto
tersebut.
j. Arroba ( et/@ )
Twitter, Facebook memiliki fitur yang dimana para penggunanya dapat
menyinggung pengguna lain yang juga, dengan manambahkan tanda
arroba (@) dan memasukkan akun Instagram dari pengguna tersebut.
Para pengguna tidak hanya dapat menyinggung pengguna lainnya di
dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Para
pengguna dapat menyinggung pengguna lainnya dengan memasukkan
akun Instagram dari pengguna tersebut.
k. Label Foto
Sebuah label di dalam Instagram adalah sebuah kode yang
memudahkan para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan
menggunakan “kata kunci”. Label itu sendiri dapat digunakan di dalam
segala bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto itu sendiri.
l. Publikasi kegiatan sosial ( #/ hashtag )
Instagram menjadi salah satu alat promosi yang baik dalam
menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label
#thisisJapan projek dimana dia menggunakan label di dalam Instagram
untuk menarik perhatian para masyarakat international untuk membantu
bencana alam yang terjadi di Jepang pada awal tahun lalu, dll.
m. Publikasi Organisasi
Instagram juga banyak organisasi-organisasi yang mempublikasikan
produk mereka. Contohnya saja seperti Starbucks, Burberry, Levi’s, dan
lain-lain. Banyak dari produk-produk tersebut yang sudah menggunakan
media sosial untuk memperkenalkan produk-produk terbarunya kepada
masyarakat, hal ini dikarenakan agar mereka tidak harus mengeluarkan
biaya sepersen pun untuk melakukan promosi tersebut.
n . Geotagging
Geotagging adalah identifikasi metadata geografis dalam sebuah media
situs ataupun foto. Bagian geotag akan muncul ketika para pengguna
iDevice mengaktifkan GPS mereka di dalam iDevice mereka tersebut.
o. Jejaring Sosial
Para pengguna tidak hanya berbagi foto di dalam Instagram, melainkan
foto tersebut dapat dibagi juga melalui jejaring sosial Facebook, Twitter,
Foursquare, Tumblr, Flickr, dan juga posterous, yang tersedia di
halaman untuk membagi foto.
p. Tanda Suka (Like)
Instagram memiliki sebuah fitur tanda suka yang dimana fungsinya
sama seperti apa yang ada di dalam Facebook, yaitu sebagai penanda
bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah diundah oleh
pengguna yang lain. Berdasarkan dengan durasi waktu dan jumlah suka
pada sebuah foto di dalam Instagram, hal itulah yang menjadi faktor khusus yang mempengaruhi apakah foto tersebut populer atau tidak.
Bila sebuah foto tersebut menjadi populer, maka secara langsung foto
tersebut akan masuk ke dalam halaman populer tersendiri
(https://www.scribd.com/doc/195027473/Makalah-Instagram).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar