Minggu, 15 September 2019

Keadilan Interaksional (skripsi dan tesis)

Aspek terakhir dari keadilan organisasional adalah keadilan interaksional
dan mungkin yang paling sederhana diantara ketiga aspek ini (Cropanzano et al,
2007). Menurut Robbins dan Judge (2008) mendefinisikan keadilan interaksional
sebagi berikut :
“Keadilan interaksional merupakan persepsi individu tentang tingkat
sampai dimana seorang karyawan diperlakukan dengan penuh martabat,
perhatian, dan rasa hormat.”
Menurut Greenberg (1987) terdapat dua aspek dalam keadilan
interaksional, yaitu informasional dan interpersonal. Keadilan informasional
adalah persepsi individu tentang keadilan informasi yang digunakan sebagai dasar
pembuatan keputusan, sedangkan keadilan interpersonal adalah sebagaimana yang
didefinisikan oleh Robbins dan Judge (2008) di atas.
Menurut Tyler (Yuwono dkk, 2005) menyebutkan ada tiga hal penting
yang patut diperhatikan dalam membahas keadilan interaksional, yaitu :
1. Pertama adalah Penghargaan
Khususnya penghargaan kepada status seseorang, hal ini tercermin
dalam bentuk perlakuan.Lebih khusus lagi adalah bentuk perlakuan
atau tindakan dari orang yang berkuasa (pimpinan) terhadap anggota
kelompoknya.Apabila makin baik kualitas perlakuan pimpinan
terhadap para anggota maka interaksinya dinilai makin adil oleh
anggotanya.
2. Kedua adalah Netralitas
Konsep ini berkembang karena butuh keterlibatan pihak ketiga
manakala ada masalah hubungan social antara suatu pihak dengan
pihak yang lain. Netralitas dalam keputusan atas konflik kedua belah
pihak dapat tercapai manakala dasar-dasar dalam pengambilan
keputusan lebih banyak menggunakan fakta dan bukan opini, apalagi
fakta yang ditampilkan mempunyai nilai objektifitas yang tinggi juga
punya validitas yang tinggi pula.
3. Ketiga adalah Kepercayaan
Hal ini banyak dikaji pada aspek keadilan interaksional. Kepercayaan
seriong didefinisikan sebagai harapan pihak lain dalam melakukan
hubungan social, yang didalamnya mencakup resiko yang berkaitan
dengan harapan tersebut.

Tidak ada komentar: