Senin, 26 Agustus 2019
Pengertian Analisis Butir Soal (skripsi dan tesis)
Kegiatan menganalisis butir soal merupakan suatu kegiatan yang
harus dilakukan guru untuk meningkatkan mutu soal yang telah ditulis.
Tugas melakukan evaluasi terhadap alat pengukuran yang telah
digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik pada
umumnya dilupakan oleh evaluator.
Menurut Nana Sudjana (2006: 135), “Analisis butir soal atau
analisis item adalah pengkajian pertanyaan-pertanyaan tes agar diperoleh
37
perangkat pertanyaan yang memiliki kualitas yang memadai”. Menurut
Daryanto (2007: 177), “Analisis soal adalah suatu prosedur sistematis,
yang akan memberikan informasi-informasi yang sangat khusus terhadap
butir tes yang kita susun”.
Tujuan penelaahan butir soal adalah untuk mengkaji dan menelaah
setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu untuk digunakan. Di
samping itu, tujuan analisis butir soal juga untuk membantu
meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif
serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada peserta didik apakah
mereka sudah atau belum memahami materi yang telah diajarkan.
Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi
setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya, di antaranya dapat menentukan
peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang
diajarkan guru. Salah satu cara memperbaiki proses belajar-mengajar
yang paling efektif adalah dengan cara mengevaluasi tes hasil belajar
yang diperoleh dari proses belajar-mengajar itu sendiri. Dengan kata lain,
hasil tes tersebut kita olah sedemikian rupa sehingga hasil dari
pengolahan itu dapat diketahui komponen manakah dari proses belajarmengajar itu yang masih lemah. Pengolahan tes hasil belajar dalam
rangka memperbaiki proses belajar-mengajar salah satunya adalah
dengan melakukan analisis butir soal.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar