Definisi komunikasi organisasi adalah suatu sistem yang mapan dari
individu-individu yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama,
melalui tatanan jenjang kepangkatan dan pembagian tugas. Organisasi juga
dipandang sebagai suatu struktur yang menjalankan proses pencapaian tujuan yang teratur dimana operasi dan interaksi di antara individu yang satu dengan yang lainnya berjalan secara harmonis, dinamis, dan pasti (Onong Uchjana Effendy, 2011 : 114).
Komunikasi organisasi merupakan arus informasi, pertukaran informasi
dan pemindahan arti di dalam suatu organisasi (Dr. Arni Muhammad, 2009 :
65),. Menurut Katz dan Kahn organisasi adalah sebagai suatu sistem terbuka
yang menerima energi dari lingkungannya dan mengubah energi ini menjadi
produk atau servis dari sistem dan mengeluarkan produk atau servis ini kepada lingkungan.
Menurut peneliti berdasarkan pengertian-pengertian yang telah ada
mengenai komunikasi organisasi, definisi komunikasi organisasi adalah suatu
proses pertukaran informasi dan makna untuk pencapaian tujuan bersama melalui tatanan struktur kewenangan yang berlaku. Terdapat juga peran lingkungan dan budaya yang berpengaruh dalam proses komunikasi organisasi. Seluruh proses komunikasi ini bersifat terikat dan saling ketergantungan. Dalam melaksanakan event diperlukan kekompakan dalam suatu organisasi, karena dengan melakukan komunikasi organisasi yang baik, maka proses perencanaan dan pelaksanaan event dapat berjalan sesuai harapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar