Tujuan kegiatan pemasaran
adalah mempengaruhi pembeli untuk bersedia membeli barang atau jasa perusahaan
pada saat mereka membutuhkannya. Dengan mempelajari perilaku membeli, manajer
akan mengetahui kesempatan baru yang berasal dari belum terpenuhinya kebutuhan;
dan kemudian mengidentifikasikannya untuk mengadakan segmentasi pasar.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan membeli adalah berbeda-beda untuk masing-masing orang,
disamping jenis produk dan saat pembeliannya pun berbeda. Faktor-faktor tersebut
adalah (Swastha, 2000) :
1.
Kebudayaan
Kebudayaan adalah simbol dan fakta kompleks, yang
diciptakan oleh manusia, diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu
dan pengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada.
2.
Kelas Sosial
Fakor sosio kultural yang mempengaruhi keputusan membeli
adalah kelas sosial dalam masyarakat. Golongan atas cenderung untuk membeli
barang-barang kelas atas juga.
3.
Kelompok Referensi Kecil
Kelompok referensi kecil ini juga mempengaruhi perilaku
seseorang dalam pembeliannya, dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam
bertingkah laku. Oleh karena itu, konsumen selalu mengawasai kelompok tersebut
baik tingkah laku fisik maupun mentalnya. Termasuk kelompok referensi kecil
adalah: tetangga, teman kerja dan lain-lain.
4.
Keluarga
Pengambil keputusan dalam keluarga dalam membeli suatu
barang berganti-ganti atau berbeda tergantung peruntukkan jenis barangnya.
Anak-anak seringkali tidak mau menerima apa yang dipilhkan oleh orang tuanya.
5.
Pengalaman
Pengalaman dapat mempengaruhi perbuatan seseorang dalam
bertingkah laku. Pengalaman dapat diperoleh dari semua perbuatannya di masa
lalu atau dapat pula dipelajari, sebab dengan belajar seseorang dapat
mendapatkan pengalaman.
6.
Kepribadian
Kepribadian merupakan pola sifat individu yang dapat
menentukan tanggapan untuk bertingkah laku. Variabel-variabel yang dapat
mencerminkan kepribadian seseorang adalah: aktivitas, minat, dan opini
7.
Sikap dan kepercayaan
Sikap dan kepercayaan merupakan faktor yang ikut
mempengaruhi pandangan dan perilaku pembelian konsumen. Sikap itu sendiri
mempengaruhi kepercayaan, dan kepercayaan juga mempengaruhi sikap.
8.
Konsep Diri
Konsep diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat
dirinya sendiri, pada saat yang sama dia mempunyai gambaran tentang diri orang
lain. Misalnya orang yang mengkonsepkan dirinya sebagai pria macho akan sangat
mudah dibujuk untuk membeli produk-produk yang berbau macho.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar