Strategi diartikan sebagai a plan of operation achieving something
(rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu). Secara umum, strategi dapat
diartikan sebagai pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.Sehingga strategi dapat diartikan
sebagai suatu rencana kegiatan secara menyeluruh tentang penggunaan potensi dan
sarana yang ada untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan pembelajaran adalah
upaya untuk siswa dalam bentuk kegiatan memilih, menetapkan, dan mengembangkan
metode dan strategi yang
optimal untuk mencapai hasil belajar yang
diinginkan. Pembelajaran merupakan kegiatan belajar dan mengajar dimana dalam
kegiatan pengajar guru menfasilitasi siswa dalam pencapaian hasil belajar.
Sedangkan dalam kegiatan belajar siswa merupakan upaya belajar yang dilakukan
siswa untuk menerima pelajaran yang disampaiakan guru untuk mencapai hasil
belajar yang optimal. Dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan
sebagai turunan dari pendekatan pembelajaran.
Sebagaimana Kemp berpendapat
bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus
dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan
efisein. Selanjutnya pemikiran J.R. David, menyebutkan bahwa dalam strategi
pada dasarnya masih terkandung
makna perencanaan.41 Artinya strategi pada dasarnya
masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam
suatu pelaksanaan pembelajaran. Oleh sebab itu sebelum menentukan
strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas, yang dapat diukur keberhasilannya.
Sedangkan menurut Dick dan Carey
menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi
pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh
guru dalam rangka membantu
peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.42 Menurut mereka strategi
pembelajaran tidak hanya sebatas cara atau prosedur kegiatan belajar, melainkan
termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan
disampaikan kepada peserta didik.
Selain itu berdasakan sudut pandang
yang berbeda, bahwa strategi pembelajaran adalah pengembangan kognisi dan
aktivitas belajar peserta didik yang dikembangkan untuk dapat membangkitkan dan
mendorong timbulnya
aktivitas peserta didik.
Berdasarkan dari beberapa
definisi diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan rencana
tindakan yang berisi tentang rangkaian kegiatan belajar dengan memperdayakan
potensi dan sarana yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Dengan demikian rancangan
langkah-langkah pembelajaran harus pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber
belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan.Oleh sebab itu sebelum
menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas, yang dapat diukur
keberhasilannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar