Sabtu, 20 April 2024

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen


Dikutip dari penelitian yang dilakukan Nur Nasmah (2019) tentang faktorfaktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap kualitas layanan grab
antara lain, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan citra merek. Penelitian
yang digunakan ialah dengan metode kuisoner dengan skala likert sehingga
diperoleh kesimpulan kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan pelanggan
dapat mempengaruhi persepsi konsumen. Dari penelitian sebelumnya menjelaskan
bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen untuk
melakukan pembelian secara online seperti faktor kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelayanan (Alfian et al., 2018). Faktor
kemudahan yang diberikan oleh startup akan mempengaruhi kepuasan pelanggan
dalam menggunakan Grabmart dalam sehari-hari.

  1. Citra Merek
    Dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya seseorang akan berusaha
    memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan cara berbelanja. Saat berbelanja
    konsumen akan dihadapkan dengan berbagai merek yang akan menjadi pilihan bagi
    konsumen untuk memilah-milah. Apabila konsumen telah memilih suatu merek
    untuk dibeli makan konsumen akan menggunakan citra merek tersebut untuk
    mendapatkan informasi dalam menilai suatu perusahaan. Konsumen yang memiliki
  2. Kualitas Pelayanan
    Kualitas peayanan merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk
    memperoleh pelanggan dan mempertahankannya . Salah satu upaya yang biasa
    dilakukan oleh perusahaan ialah memberikan kualitas layanan yang baik maka
    akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut. Menurut Irfan &
    Saefurrahman (2020), kualitas pelayanan adalah tingkatan keunggulan yang
    diharapkan dengan harapan tingkat keunggulan keunggulan tersebut dapat
    memenuhi keinginan pelanggan.
  3. Kepuasan Pelanggan
    Kepuasan pelanggan pelayanan merupakan sebuah perlakuan yang diperoleh
    oleh pelanggan berdasarkan kualitas kinerja setelah melakukan keputusan
    pembelian dalam bentu produk atau jasa.
  4. Kemudahan
    Kemudahan merupakan rasa senang atau benefit yang didapatkan seseorang
    berdasarkan pengalaman dalam beraktifitas sehari-hari.
  5. Kebiasaan
    Kebiasaan adalah suatu bentuk kegiatan yang sering dilakukan dalam waktu
    tertentu dan terjadwal

Tidak ada komentar: