Dimensi ini mengacu pada kombinasi tentang inovasi yang dilakukan suatu
perusahaan waktu ke waktu. (Zahra dan Das, 1993 dalam Ciptono, 2006) menyatakan
bahwa penilaiannya belum mempertimbangan inovasi dalam aplikasi bisnis lain yang
berhubungan, seperti teknologi informasi dan desain organisatoris inovatif. Tinjauan
ulang literatur Anderson et Al. (1989) dalam Zahra dan Das (1993) menunjukan
bahwa memproduksi aneka pilihan managerial yang pada umumnya memusatkan
pada produk dan teknologi proses yang empat jenis inovasi (4Ps inovasi):
a. Inovasi produk, perubahan produk atau jasa karena suatu permintaan
kepadfa perusahaan. Inovasi produk mengakibatkan penciptaan dan
pengenalan tentang radikal produk inovasi atau modifikasi (Zahra dan
Das, 1993). Inovasi produk dan jasa terus meningkat dalam hal
perbedaan untuk memenuhi kebutuhan tertentu para pemakai spesifik.
Inovasi produk dan jasa juga mempengaruhi mutu produk dan jasa,
tetapi mempunyai suatu efek lebih besar pada reputasi (gambaran
merek) dan nilai atau inovatif (Tidd et al.2005).
b. Proses inovasi, terjadi dalam perjalanan di mana produk diciptakan dan
dikirimkan. Inovasi proses memimpin kearah metode operasi baru
dengan memproduksi baru, memproduksi teknologi baru atau
mengembangkan kemampuan orang-orang dalam perusahaan (Leonard-
Barton 1991).
c. Inovasi paradigma atau sumber inovasi internal merupakan perubahan
mendasar dari R&D internal usaha untuk menghasilkan produk dan
inovasi proses.
d. Mempromosikan inovasi atau sumber eksternal inovasi, perubahan
konteks membeli, perijinan, persetujuan, pengadaan dengan lain
perusahaan, joint-ventures dengan para penyalur, pelanggan, dan lain
perusahaan
Jumat, 07 Juli 2023
Tipe – Tipe Inovasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar