Manajemen Inovasi merupakan Proses mengelola inovasi di suatu perusahaan
agar dapat berdaya guna bagi penciptaan keunggulan bersaing yang berkelanjutan
bagi perusahaan. Manajemen Inovasi diperlukan karena untuk mengakui bahwa ide-
ide segar harus terus mengalir secepat mungkin dan setiap saat sebagai antisipasi
perkembangan dunia yang semakin cepat, beragam, dan dinamis tersebut. Di sini lah
manajemen Inovasi itu harus berperan penting. Dalam perusahaan, Manajemen
Inovasi diperlukan karena ide-ide baru akan terus lahir di sebuah perusahaan dan
menjadi sangat banyak. Keberadaan ide-ide tersebut harus diatur dan disusun secara
sistematis agar tidak terjadi kesemrawutan. Inovasi yang harus dijalankan secara
sistematis, efisien, dan berkelanjutan ini memerlukan suatu sistem untuk mengatur
ide-ide ini agar lebih terstruktur. Dari 100 ide yang brilian, hanya satu yang menjadi
inovatif. Jika dalam suatu perusahaan dihasilkan 100 jenis produk dalam satu
tahunnya, maka dibutuhkan 10 ribu ide brilian tersebut. Tanpa adanya manajemen
yang baik, ide-ide itu malah akan menumpuk dan kemungkinan akan terlambat untuk
diperkenalkan di pasar. Terlambat diperkenalkan di pasar maka akan kehilangan
pendapatan sehingga makin lama akan kehilangan kemampuan bersaing dengan yang
lain.
Perusahaan yang dapat berinovasi dengan baik tertentu akan terus
berkembang dan mendapatkan profit yang baik karena manajemen inovasi memegang
peranan penting dalam pertumbuhan perusahaan dan menguasai persaingan,
contoh perusahaan yang mengelola inovasi dengan baik adalah Apple dan Google.
Sejak didirikan dari tahun 1970-an, Apple yang mengembangkan inovasinya terus
sehingga menghasilkan produk-produk gadget ipad, Iphone, Ipod, yang diterima
dipasar. Bahkan setelah meninggalnya sang pendiri Steve Job, Apple diperkirakan
akan meluncurkan I-car. Selain itu, Google juga memunculkan berbagai layanan
search engine dan telah dilengkapi dengan berbagai layanan lain yang unik di
Internet. Perusahaan daerah juga apabila melakukan manajemen inovasi dengan baik
maka usahanya tetap bertahan di pasaran seperti pengusaha di Garut Jawa Barat,
berinovasi pada dodol dengan membuat beraneka rasa yang unik, seperti dodol
coklat, atau biasa disebut cokodot (coklat dodol) dengan menambah berbagai rasa
unik yaitu cokodot pedas, selain itu berinovasi kembali dengan member tulisan unik
pada kemasan, karena seperti yang kita tahu bahwa inovasi bukan hanya pada kualitas
siproduk saja tapi bagaimana kita mengemas produk kita agar terlihat berbeda dan
menarik perhatian konsumen. Untuk itu manajemen inovasi sangatlah penting untuk
mempertahankan perusahaan
Jumat, 07 Juli 2023
Penjelasan Manajemen Inovasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar