Selasa, 04 Juli 2023

Diferensiasi Citra


Citra yang penting bagi seorang pelanggan adalah citra yang dirasakan memiliki
perbedaan dari citra pesaing. Dalam hal ini, citra yang dimaksud berupa image
dari produk dan perusahaan. Para pembeli memiliki tanggapan berbeda terhadap
cira perusahaan atau merek. Para pemasar yang tidak menciptakan hubungan
antara penciptaan citra dan penjualan produk sering kali tidak melakukan
pekerjaan yang baik. Menurut Sergio Zyman (2000), banyak perusahaan yang
sukses dalam menjual produk karena produk mereka memiliki citra jelas yang
menentukan posisi mereka di titik yang secara potensial menarik dalam pilihan
konsumen yang begitu banyak. Menurut Trout, J. (2000), kebanyakan perusahaan
yang sukses adalah mereka-mereka yang “memiliki kata” yang menempati tempat
spesial dalam benak konsumen. Proses pencitraan harus membangun,
memaksimalkan, memanfaatkan, dan mengekploitasikan kekuatan dan kelemahan
setiap elemen citra untuk memastikan bahwa merek itu memiliki prospek yang
baik secara terus- menerus. Berbagai konsep yang berkembang saat ini
menyiratkan bahwa pentingnya citra sebagai sarana atau alat untuk meraih 
keunggulan bersaing di pasar. Begitu perusahaan telah secara jelas mendefinisikan
citranya kepada pelanggan, maka langkah berikutnya adalah mengkomunikasikan
citra tersebut agar elemen ini menjadi sumber keunggulan bersaing yang Anda
miliki dalam jangka panjang (Robert Grede, 2002 : 81). Melalui investasi pada
proses pencitraan yang dilakukan secara terus-menerus, perusahaan akan
menikmati tingkat pengembalian pasar dalam konsep pemasaran, yang lebih
tinggi daripada yang dapat diraih oleh pesaing dalam industri yang sama

Tidak ada komentar: