Selasa, 20 Juni 2023

Pengertian Manajemen


Manusia dalam menjalani aktivitas kehidupannya memiliki kualitas yang tidak
sama antara hari kemarin, sekarang dan hari yang akan datang. Sebagai makhluk
yang berakal dan berbudaya, tentu menginginkan adanya perubahan positif dalam
mencapai tujuan hidup. Perbedaan dari kualitas yang didapat oleh setiap manusia
dapat dipengaruhi oleh bagaimana setiap individu mengatur, merencanakan,
mengelola setiap aktivitas yang dilakukan. Seberapa besar keberhasilan setiap
tujuan yang ingin dicapai sangat ditentukan oleh masing-masing individu atau
lembaga dalam merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan dan mengontrol
setiap aktivitas atau kegiatan. Kegiatan merencanakan, mengorganisasi,
melaksanakan dan mengawasi disebut dengan manajemen. Karena itu aktivitas
manusia tidak terlepas dari kegiatan yang namanya manajemen, agar aktivitas
yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan keinginan.
Untuk lebih jelasnya ada beberapa definisi atau pengertian dari Manajemen, yaitu
sebagai berikut: Millett dalam Siswanto (2005:1) membatasi menjadi:
management is the process of directing and facilitating the work of people
organized in formal groups to achieve a desired goal (adalah suatu proses
pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan
dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan).
Definisi lainnya dari manajemen adalah seperti yang diuraikan oleh Terry dalam
Hasibuan (2009:2-3) management is distinct process consisting of planning,
organizing, actuating and controlling performed to determine and accomplish
stated objectives by the use of human being and other resources (manajemen
adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian yang dilakukan untuk
menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui
pemanfaatan sumber daya manusia dan lainnya).
Koontz dan O’Donnel dalam Hasibuan (2009:3) mengartikan manajemen sebagai
berikut: Management is getting things done through people. In bringing about this
coordinating of group activity, the manager, as a manager plans, organizes,
staffs, direct, and control the activities other people (manajemen adalah usaha
mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian
manajer mengadakan koordinasi atas jumlah aktivitas orang lain yang meliputi
perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian). Ahli
lain, Hersey dan Blanchard dalam Siswanto (2005:2) memberikan batasan
manajemen sebagai berikut: Management as working with and through
individuals and groups to accomplish organizational goals (manajemen sebagai
suatu usaha yang dilakukan dengan bersama individu atau kelompok untuk
mencapai tujuan organisasi).
Pada hal ini lebih menekankan pada definisi tersebut tidaklah dimaksudkan hanya
untuk satu jenis organisasi saja, tetapi dapat diterapkan pada berbagai jenis
organisasi tempat individu dan kelompok tersebut menggabungkan diri untuk
mewujudkan tujuan bersama. Selain beberapa definisi di atas, ada beberapa
definisi lain tentang manajemen dari para ahli. Menurut Hasibuan (2009:2)
definisi manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber
daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.
Berdasarkan pernyataan dan berbagai definisi di atas, dapat dipahami bahwa
manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan yang meliputi perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan dengan memanfaatkan sumber
daya manusia dan sumber-sumber lainnya yang dilakukan bersama oleh individu
atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.

Tidak ada komentar: