Sabtu, 24 Desember 2022

Teori –Teori Keberhasilan usaha (skripsi, tesis, dan disertasi)

Tidak dapat disangkal lagi bahwa berkesinambungan hidup perusahaan sangatsangat bergantung pada ketahanan wirausaha dalam meraih keunggulan bersaing melalui strategi yang dimilikinya. Beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi dan manajemen modern mengenai cara meraih keberhasilan usaha yaitu: 1.Teori resource based strategy dari Mahoney dan pandian Teori ini menggambarkan bahwa untuk meningkatkan keberhasilan usaha berskala kecil dan daya saingnya para pengusaha dituntut untuk mengembangkan sumber daya internal secara superior, yang tidak transparan, sukar ditiru, inovatif dan memiliki strategi harga yang baik serta member daya saing jangka panjang (futuristic) yang kuat dan melebihi tuntutan masa kini di pasar dan situasi eksternal yang bergejolak. Untuk memperoleh keuntungan yang berkesinambungan perusahaan harus mencari dan menumbuhkan kapabilitas khiusus dari semua sumber daya yang mungkin belum dimanfaatkan secara optimal dan dapat diubah menjadi peluang produktif yang unik, melalui pencarian ide-ide baru atau wawasanmanajemen yang lebih luas secara terus menerus.Menurut teori ini perusahaan yang berhasil meraih keuntungan dikarenakan menggunakan sumber daya yang lebih baik misalnya pola organisasi dan administrasi.Perpaduan asset fisik tangible (sumber daya manusia dan alam) dan asset intangible seperti kebiasaan berfikir kreatif termasuk kemahiran manajerial.budaya perusahaan, proses kerja dan penyesuaian yang cepat atas tuntutan baru. (J.T. Mahoney dan J.R. Pandian 1992 :jurnal volume.13 No.5). Teori ini dinilai potensial untuk memelihara keberhasilan usaha suatu perusahaan kecil ketika berada dalam kondisi eksternal yang bergejolak seperti krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti di Indonesia beberapa waktu lalu.Dari teori berbasis sumber daya tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam konteks persaingan bebas seperti saat ini.Wirausaha harus menggunakan strategi pengelolaan usahanya dimana sumber daya internal yang paling penting adalah wirausaha.2.Teori kompetensi Inti dari D’Aveni (1994) Dalam konteks persaingan bebas yang semakin dinamis seperti sekarang ini .perusahaan harus menekankan pada strategi pengembangan kompetensi inti (building corecompetency), yaitu pengetahuan dan keunikan untuk menciptakan keunggulan. Menurut D’Aveni (Suryana2006:124), keunggulan tersebut diciptakan melalui the new 7-S Strategy (The New 7-S’s), yaitu:
 a)Superior stakeholder satisfaction, yaitu mengutamakan kepuasan stakeholder. b)Strategic sooth saying, yaitu merancang strategi yang membuatkejutan atau mencengangkan. c)Position for speed, yaitu posisi untuk mengutamakan kecepatan. d)Position for surprise, yaitu posisiuntuk mengutamakan kejutan. e)Shifting the role of the game, strategi untuk mengadakan perubahan atau pergeseran peran yang dimainkan. f)Signaling Strategic intent, yaitu mengindikasikan tujuan dari strategi. g)Simultaneous and sequential strategic thrust, pergerak/ pendorong strategi yaitu membuat rangkaian secara simultan dan berurutan.Kunci utama the new 7-S’s adalah menggunakan inisiatif untuk merebut persaingan. The new 7-S’s Strategy menyangkut penciptaan sesuatu yang baru dan berbeda untuk masa yang akan datang

Tidak ada komentar: