Sabtu, 24 Desember 2022

Pengertian Inovasi (skripsi, tesis, dan disertasi)

Keinovasian adalah fikiran tentang keterbukaan utuk gagasan baru sebagai sebuah kultur perusahaan. Sedangkan kapasitas untuk berinovasi adalah kemampuan perusahaan untuk menggunakan atau menerapkan gagasan, proses, atau produk baru secara berhasil. Inovasimerupakan pengenalan dan aplikasi yang disengaja dalam pekerjaan, tim kerja atau organisasi mengenai ide, proses, produk atau prosedur yang baru dalam pekerjaan, tim kerja atau organisasi, yang dirancang untuk menguntungkan pekerjaan, tim kerja atau organisasi tersebut (West, 2000:18). Inovasi merupakan proses no-linear dari dua komponen meliputi implementasi kreatifitasdan inovasi. Pada awal proses, kreatifitasmendominasi dan kemudian, akan didominasi oleh proses implementasi inovasi. Inovasi dalamkewirausahaan terbagi atas dua tipe inovasi yang membentuk keuntungan bagi suatu usaha dengan cara yang berbeda yaitu inovasi produk dan inovasi proses (McDaniel,2002:105). Menurut Thompson (dalam Indriani dan Prasetyowati, 2008), definisi inovasi produk sebagai berikut:
 “Inovasi Produk adalah konsep yang luas, mencakup ide-ide dan pelaksanaan/implementasi ide terhadap suatu produk baru”. Menurut Nasution (2005:44) menyatakan inovasi produk sebagai berikut: “Inovasi produk merupakan produk atau jasa baru yang diperkenalkan ke pasar”.Sedangkan menurut Crawford dan De Benedetto (2000: 9) dalam Putu et al. (2013:66) inovasi produk adalah sebagai berikut: “Inovasi produk adalah inovasi yang digunakan dalam keseluruhan operasi perusahaan dimana sebuah produk baru diciptakan dan dipasarkan, termasuk inovasi di segala proses fungsionil/kegunaannya”. Dari beberapa pengertian inovasi produk diatas dapat disimpulkan bahwa inovasi produk merupakan proses penciptaan produk baru baik jasa atau barang yang diperkenalkankepada pasar yang dapat membuat produk tersebut lebih unggul dari pesaing.2.1.1.2 Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Inovasi ProdukMenurut Li, (1998) faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya suatu inovasi diadopsi atau ditolak tergantung pada para anggota suatu sistem sosial menghayati lima karakteristik inovasi yang meliputi sebagai berikut: 1.Relative advantage (keuntungan relatif) 2.Compatibility (keserasian) 3.Complexity (kerumitan) 4.Trialibility ( kemungkinan dicoba) 5.Observability (kemungkinan diamati)

Tidak ada komentar: